Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/09/2015, 20:01 WIB

KOMPAS.com - Keintiman fisik dan psikis dengan pasangan tercinta terbukti dapat mengurangi stres dan langsung ataupun tidak, akan menguntungkan kesehatan Anda secara keseluruhan, demikian menurut sebuah studi yang dipublikasikan oleh Journal of Sexual Medicine tahun 2009.

Karena itulah, sangat penting bagi Anda untuk membangun partnership yang positif dan dilandasi saling percaya. Dan itu, tentu saja, membutuhkan upaya dan waktu. Di bawah ini ada 10 kebiasaan yang bisa Anda lakukan demi memiliki hubungan bahagia dan sehat dengan Si dia.

 

Kebiasaan Sehat #1 Komunikasi

Komunikasi adalah kuncinya. Ya, rutin berkomunikasi adalah salah satu kualitas terpenting dalam menjaga sebuah hubungan yang sehat. Tidak banyak orang yang paham bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan benar. Mereka bahkan sama sekali tidak tahu cara berkomunikasi. Pasangan yang sehat dan bahagia tahu bagaimana saling mengungkapkan perasaan. Misalnya, Anda berdua memang lelah setelah seharian bekerja. Belum lagi jika perjalanan pulang dari kantor harus menempuh jarak yang cukup jauh, plus bonus macet.

Jika Anda bisa pulang bersama, manfaatkan momen di jalan untuk berbagi cerita. Usahakan berbagi cerita-cerita lucu agar rasa lelah di tubuh dan pikiran sedikit terobati. Ungkapkan perasaan cinta terhadap satu sama lain dan saling memuji. Percaya deh, berapa lama pun usia pernikahan Anda, si Dia selalu senang mendapat pujian dari Anda. Satu lagi, alih-alih mengabaikan masalah dan berharap ia selesai dengan sendirinya, bicarakan dan cari solusinya.

 

Kebiasaan Sehat #2 Respek

Aretha Franklin punya lagu berjudul Respect.  Jadi, Anda pasti bisa merasakan betapa pentingnya saling menunjukkan respek di antara pasangan. Menghormati pasangan Anda dapat ditunjukkan dengan banyak cara. Memelihara hubungan yang dipenuhi sukacita berarti menghargai waktu, hati, karakter, dan rasa percaya.

Namun, masing-masing pasangan bisa membuat daftar sendiri tentang cara menunjukkan hormat kepada pasangannya, termasuk sebutan yang Anda pilih untuk memanggil dia. Hindari berbicara buruk tentang dirinya di hadapan teman-teman dan kerabat Anda, atau sering mengancam mengakhiri hubungan atau berpisah.

 

Kebiasaan Sehat #3 Waktu Berkualitas, Bukan Kuantitas

Kualitas lebih penting daripada kuantitas. Bukan masalah seberapa banyak waktu yang Anda berdua habiskan bersama. Yang paling penting adalah kualitas dari waktu yang Anda lalui berdua. Ingat ya, ada perbedaaan yang amat besar antara makan malam bersama di meja makan sambil berbagi cerita tentang hari ini, dengan makan bersama di sofa sambil menikmati episode terbaru The Voice.

Anda tetap diperbolehkan kok bersantai sambil menikmati hal lain kala sedang berdua, namun pastikan Anda tetap terhubung dan menghabiskan waktu berkualitas untuk memelihara keterikatan di antara Anda berdua.

 

Kebiasaan Sehat #4 Terpisah

Menghabiskan waktu bersama dengan pasangan Anda adalah hal yang penting. Namun, penting pula untuk memiliki waktu buat diri masing-masing alias terpisah, karena dapat memiliki waktu untuk diri sendiri dan independen amatlah penting untuk setiap individu.

Ketika pasangan mengahbiskan terlalu banyak waktu berduaan, maka akan terbentuklah hubungan yang tidak sehat, karena masing-masing akan sangat bergantung. Menjaga tetap adanya batasan-batasan dan otonomi akan membuat sebuah hubungan menjadi kuat dan awet.

 

Kebiasaan Sehat #5 Bahasa Cinta

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com