Jumat, 24 Maret 2017

Health

KONSULTASI SEKS Prof Dr dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS
Guru Besar pada Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Kini dia menjabat sebagai Kepala Bagian Andrologi dan Seksologi, Ketua Pusat Studi Anti-Aging Medicine, dan Ketua Program Magister dengan kekhususan Anti-Aging Medicine dan kekhususan Ilmu Kedokteran Reproduksi. Prof Wimpie juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI), Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Andrologi Indonesia (Persandi), dan Wakil Ketua Perhimpunan Kedokteran Anti Penuaan Indonesia (Perkapi)

Tanda-tanda Andropause pada Pria

Shutterstock Ilustrasi

TANYA:

Dokter, saya ingin minta penjelasan yang dimaksut dengan kekurangan hormon testosteron. Apakah hanya pria berusia lanjut saja yang bisa mengalaminya. Saya memiliki ciri-ciri kekurangan hormon, karena akhir-akhir ini saya merasa tidak bersemangat, lesu, dan juga hubungan seks dengan istri tidak seperti dulu.


Ereksi saya tergolong lemah. Saya sempat mencari informasi di internet dan menemukan diagnosa kekurangan hormon. Apa benar saya perlu terapi hormon? Bagaimana kalau dari makanan saja dok? Terima kasih penjelasannya.

Willy (53), Semarang

JAWAB:

Menurunnya atau bahkan sampai berkurangnya hormon dapat dialami oleh perempuan maupun pria. Karena itu perempuan dapat mengalami menopause.

Salah satu hormon yang penting bagi tubuh kita ialah hormon testosteron. Kalau pria mengalami penurunan hormon ini maka munculah apa yang disebut andropause.

Pria yang mengalaminya akan merasakan penurunan dalam energi, kemampuan bekerja dan olahraga, berkurangnya gairah seksual dan ereksi, berkurangnya massa otot dan tulang, berkurangnya kemampuan konsentrasi  dan kenyamanan hidup, meningkatnya massa lemak terutama di daerah perut, terganggunya tidur.

Pria yang mengalami andropause tentu memerlukan pengobatan kalau ingin kualitas hidupnya tetap baik. Tetapi tentu diperlukan pemeriksaan dokter sebelumnya. Makanan sehat yang cukup tentu diperlukan, tetapi tidak ada yang khusus untuk meningkatkan testosteron.

Editor : Lusia Kus Anna

FORM KONSULTASI

Tahun
Cm
Kg
Incorrect please try again
ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat