Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Kaki 10.000 Langkah Bisa Bikin Langsing?

Kompas.com - 14/06/2016, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Berjalan kaki 10.000 langkah disarankan para ahli kesehatan agar tubuh bugar dan sehat. Kita juga bisa mengukur sebanyak apa langkah kaki kita dengan aplikasi di ponsel atau alat khusus.

Selain menjaga kebugaran, banyak orang berharap jika target 10.000 langkah setiap hari tercapai mereka bisa menurunkan berat badan.

Menurut Charlie Seltzer, dokter yang ahli dalam program penurunan berat badan, target langkah kaki adalah hal baik, tapi tidak ada kaitannya dengan penurunan berat badan.

"Jika Anda menggunakan pengukur langkah kaki untuk menurunkan berat badan, Anda justru akan mengalami kenaikan bobot tubuh," kata Seltzer.

Ia menjelaskan, penggunaan alat pelacak kebugaran bisa membuat kita mengira kalori yang dibakar cukup banyak dengan berjalan kaki. Sebagai kompensasinya, kita merasa berhak untuk makan lebih banyak. Padahal, belum tentu kalori yang dibakar itu lebih sedikit dari apa yang kita asup.

Memang setiap aktivitas fisik yang kita lakukan akan berkontribusi pada penurunan berat badan. Namun, jangan jadikan itu alasan untuk bisa makan dengan bebas.

Lagi pula, menurut Matt Delaney, pelatih kebugaran, berjalan kaki 10.000 langkah belum termasuk latihan fisik yang intens dan cukup untuk mencapai target penurunan berat badan.

"Bagi sebagian kecil orang, berjalan kaki bisa menjadi stimulus yang cukup untuk memulai proses penurunan berat badan. Tapi, untuk mayoritas orang, jalan kaki tidak cukup signifikan memberi perubahan pada lingkar pinggang," kat Delaney.

Seltzer mengatakan, jika kita ingin fokus pada upaya pelangsingan, perhatikan pola makan. Kalori yang masuk harus lebih kecil dari aktivitas fisik yang kita lakukan.

"Setelah mengatur pola makan, lalu lakukan latihan fisik apa pun yang Anda suka secara rutin," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com