Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/07/2016, 21:35 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com - Masalah kulit ternyata bisa muncul di mana saja, termasuk area organ intim wanita. Sayangnya, masalah kulit ini di vagina ini kerap tak disadari wanita.

Seorang asisten profesor dermatologi di Icahn School of Medicine, Mount Sinai, Angela Lamb mengungkapkan, ada beberapa masalah kulit yang bisa muncul di area organ intim wanita. Berikut lima masalah kulit di vagina seperti dikutip dari Prevention.com.

 

1. Eksim
Eksim merupakan masalah peradangan pada kulit. Adanya eksim pada vagina bisa menimbulkan rasa gatal, kemerahan, atau ruam.

Menurut Angela, eksim umumnya terkait dengan masalah autoimun. Namun, penyebabnya hingga kini belum diketahui pasti. Penggunaan sabun pembersih vagina hingga pelumas disebut dapat memperburuk eksim.

 

2. Lichen sclerosus
Masalah kulit ini terbilang langka. Lichen sclerosus ditandai dengan munculnya kulit berwarna putih maupun kemerahan di area vagina.

Angela mengatakan, masalah kulit ini biasanya mulai muncul pascamenopause. Penyebabnya juga belum diketahui pasti. Ada yang mengatakan terkait dengan sistem kekebalan tubuh dan gangguan hormon.

The American Cancer Society memperkirakan, sekitar 4 persen wanita yang memiliki lichen sclerisus juga terkena kanker vulva di kemudian hari.

 

3. Psoriasis
Kabar buruk, penyakit kulit psoriasis juga bisa muncul di vagina. Psoriasis merupakan masalah kulit berupa ruam, kemerahan, kering, dan bersisik.

Jenis psoriasis yang umumnya muncul di daerah kewanitaan, yaitu psoriasis inverse. Bagian lipatan paha juga sangat rentan mengalami psoriasis karena sering terjadi gesekan dari menggunakan celana dan terjadi iritasi.

 

4. Dermatitis Kontak
Hati-hati jika terlalu sering menggunakan sabun antiseptik maupun sabun wangi untuk membersihkan area vagina. Kebiasaan itu bisa memunculkan masalah dermatitis kontak.

Kulit bisa berwarna kemerahan, ruam, gatal-gatal, bahka kulit melepuh. Hindari bahan-bahan kimia untuk membersihkan area organ intim yang bisa memicu iritasi.

 

5. Vitiligo
Vitiligo bisa terlihat jelas di jika muncul di daerah tangan dan kaki. Namun, tentu tidak disadari jika muncul di vagina.

Vitiligo ditandai dengan munculnya bercak kulit putih karena sel-sel penghasil pigmen kulit rusak. Menurut beberapa ahli, vitiligo bisa disebabkan oleh masalah autoimun dan juga genetik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com