Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/09/2016, 20:07 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Susu almond punya banyak manfaat kesehatan, antara lain adalah menjaga kesehatan mata, membantu penurunan berat badan, menjaga tulang dan hati yang kuat, membantu membangun otot, menjaga tekanan darah ideal dan menjaga fungsi ginjal. Susu almond juga merupakan alternatif yang baik untuk ibu menyusui .

Meskipun belum umum, susu almond telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai pengganti susu sapi yang relatif lebih mudah didapat.

Susu sapi dikenal kaya akan berbagai vitamin dan mineral, tapi almond telah terbukti mengandung nutrisi tambahan.

Inilah sebabnya mengapa susu almond dianjurkan sebagai pilihan yang baik bagi mereka yang tidak bisa mengonsumsi segala jenis susu sapi dan produk turunannya, seperti yang memiliki alergi laktosa atau vegetarian.

Nilai gizi dari susu almond

Susu almond adalah susu yang relatif rendah lemak, namun tinggi energi, protein, lipid dan serat. Mengandung vitamin seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan seng.

Nutrisi lain yang tersedia dalam susu ini termasuk vitamin seperti vitamin C, B-6, tiamin, riboflavin, niasin, asam folat dan vitamin E. Semua nutrisi ini memiliki berbagai manfaat yang penting untuk tubuh yang sehat.

Membuat susu almond

Susu almond dapat dibuat dengan menggunakan peralatan sederhana yang ditemukan di kebanyakan rumah. Susu ini dibuat dengan cara menggiling biji almond bersama-sama dengan air.

Penggunaan blender adalah salah satu cara modern yang dapat digunakan untuk mendapatkan susu almond dengan nutrisi yang utuh. Ini adalah cara termudah dan paling sederhana untuk mendapatkan susu bergizi dan lezat ini.

Rendam kacang almond selama satu atau dua malam, atau lebih jika Anda menginginkan hasil susu yang lebih berbusa. Cuci dan keringkan almond dengan air bersih lalu giling atau hancurkan dengan air matang secukupnya.

Tambahkan sedikit pemanis jika Anda suka. Sedikit saja, karena pada dasarnya almond sudah mengandung gula alami. Susu almond siap untuk diminum.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com