Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/10/2016, 16:05 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Masalah umum yang timbul dari memakai sepatu tertutup adalah bau kaki. Bau kaki tak hanya akan mengganggu hidung Anda, tapi juga akan mengganggu orang lain yang ada di dekat Anda. Hindari bau kaki dengan delapan cara sehat ini.

1. Cuci kaki secara keseluruhan

Ketika mandi, jangan lupa menyabuni kaki Anda, termasuk telapak dan sela-swla jari kaki untuk menyingkirkan bakteri dan kotoran yang ada di sana.

Ketika keluar dari kamar mandi, keringkan setiap sentimeter kaki hingga benar-benar kering, karena jamur dan bakteri suka pada area yang lembap, kata Chuck Gerba, PhD, profesor lingkungan dan mikrobiologi di University of Arizona Tucson.

2. Tidak memakai sepatu yang sama dua hari berturut-turut

Hindari memakai sepatu yang sama lebih dari sehari. Pasalnya, sepatu membutuhkan waktu seharian untuk benar-benar kering setelah digunakan. Jadi, biasakan untuk berganti sepatu, agar kaki Anda tak terjebak dalam kelembaban.

3. Gunakan bedak

Jika kaki Anda cenderung berkeringat tidak peduli cuaca apapun, maka pencegahan adalah kunci. Bedaki kaki sebelum Anda memakai sepatu, sehingga kaki tetap kering sepanjang hari.

4. Baking soda + kopi

Baking soda dapat digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap dari berbagai benda termasuk dari sepatu Anda, menurut situs House Cleaning Central.

Isi filter kopi dengan baking soda dan ikat atau staples ujungnya. Masukkan masing-masing sekantung ke dalam sepatu kanan dan kiri di waktu malam. Biarkan baking soda bekerja menghilangkan bau saat Anda tidur.

5. Tas dan freezer

Masukkan sepatu ke dalam tas kain atau kantung laundry, lalu masukkan ke dalam freezer. Suhu beku dapat mengusir bakteri dan menghilangkan bau.

6. Kaus kaki + pasir kucing

Pasir kucing dapat menyerap bau kotoran kucing. Hal yang sama berlaku untuk sepatu Anda. Masukkan pasir kucing secukupnya ke dalam kaus kaki atau stoking bekas, ikat ujungnya. Masukkan masing-masing satu kantung kecil pasir ke dalam sepatu kanan dan kiri di malam hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com