Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebiasaan di Malam Hari yang Bikin Berat Badan Sulit Turun

Kompas.com - 19/11/2016, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Olahraga rutin sudah dijalani, pola makan juga diusahakan selalu sehat, namun mengapa berat badan tetap stagnan? Salah satu penyebab yang sering tidak disadari adalah kebiasaan di malam hari.

Mulailah menghilangkan kebiasaan-kebiasaan berikut dan lihat apakah upaya penurunan berat badan akan berhasil.

- Ngemil tanpa perencanaan
Bagi sebagian orang, tak afdol rasanya menonton serial TV favorit tanpa menikmati camilan. Sebenarnya boleh-boleh saja makan sesuatu di malam hari, tetapi hitung berapa total kalori yang sudah diasup sepanjang hari itu.

"Jika Anda sudah makan malam dengan makanan berat, lalu di malam hari masih menambah semangkuk es krim maka berat badan akan bertambah," kata Peter LePort, pakar tidur dan pelangsingan.

Ia menyarankan, bila Anda ingin mengasup sesuatu sebelum tidur, tambahkan aktivitas fisik atau olahraga pada hari itu. Bisa juga dengan mengurangi porsi makan malam sebagai kompensasi.

- Makan tanpa kesadaran
Penelitian mengungkap, makan sementara perhatian kita teralihkan berpengaruh besar pada kelebihan asupan kalori. Biasanya hal ini terjadi saat kita makan sambil menonton TV. Sebaiknya jangan membawa toples camilan di pangkuan, tapi ambil porsi kecil saja.

- Minum alkohol
Alkohol bukan hanya mengandung kalori kosong, tetapi juga minum sebelum tidur dapat mengganggu siklus tidur. Padahal, kurang tidur akan mengganggu hormon lapar dan membuat kita lebih sulit menahan godaan camilan makanan tidak sehat.

- Main gadget sebelum tidur
Sinar biru yang dipancarkan oleh layar LED di ponsel, laptop, atau televisi, berdampak pada siklus tidur. Untuk itu disarankan agar kita tak memainkan gadget setidaknya satu jam sebelum tidur.

Tidur dengan televisi tetap menyala juga bukan ide yang baik, karena cahaya dan suara akan mengganggu tidur kita. "Anda tak akan bisa mencapai tidur dalam yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan fisik," kata LePort.

- Menyetel alarm terlalu lambat
Persiapan beraktivitas di pagi hari memang terasa berat, apalagi bila kita kurang tidur. Walau begitu, jangan sampai mengorbankan makan pagi dengan menambah waktu tidur.

Penelitian menunjukkan, sarapan yang mengandung protein akan membantu kita makan lebih sedikit di siang hari dan mengurangi lemak tubuh. Jika Anda selalu terburu-buru di pagi hari, ubahlah jam tidur menjadi lebih awal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com