Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/11/2016, 07:11 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber Pure Wow

KOMPAS.com - Sudah makan tetapi kenapa perut lapar kembali. Ternyata ada jenis makanan yang bikin perut mudah merasa lapar. 

1. Roti Putih
Roti putih ini dikenal memiliki indeks glikemik tinggi. Ini menyebabkan gula darah cepat naik dan turun sehingga membuat kita jadi lapar lagi. Cobalah roti gandum dengan biji-bijian kaya serat yang dapat mengisi perut lebih lama.

2. Putih Telur
Tidak sedikit orang yang takut akan kolesterol dari kuning telur. Sesungguhnya kuning telur jangan terlalu dihindari. Kuning telur pun mengandung ekstra vitamin, mineral dan protein yang membuat perut jadi penuh.

3. Keju
Keju tidaklah mempengaruhi reseptor dopamin dan opioid di otak, sama seperti heroin atau morfin yang bikin ketagihan. Pastikan keju itu dimakan bersama sayuran agar perut lebih kenyang.

4. Sushi
Bagaimana pun sushi terbuat dari nasi putih yang merupakan karbohidrat sederhana. Karbohidrat jenis ini mudah dipecah menjadi gula dan membuat kita lapar kembali.

5. Yogurt aneka rasa
Hampir semua yogurt jenis ini ditambah gula. Konsumsilah greek yogurt plain yang ditambahi kacang-kacangan dan buah. Dengan demikian sarapan pagi di hari itu dipenuhi protein dan serat yang membuat perut kenyang.

6. Jus
Jus buah murni, cold pressed, smoothies dan lain-lain bagaimana pun kaya gula. Ketika kita menghilangkan serat dalam buah seperti pir dan apel, jus itu membuat gula darah naik. Lebih baik makan potongan buah apel sebagai camilan yang mengenyangkan.

7. Sereal manis
Sereal manis termasuk jenis karbohidrat sederhana. Ganti sereal dengan oatmeal yang ditambah dengan kismis dan kacang-kacangan. Dengan begitu perut jadi kenyang dari sarapan hingga makan siang.

8. Pretzel
Makanan jenis ini kaya akan garam yang menyebabkan dehidrasi. Susahnya, kita sulit membedakan antara rasa lapar dan haus. Lebih baik makan buah-buahan saat ingin ngemil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com