Senin, 27 Maret 2017

Health

5 Tanda Kecanduan Alkohol

Ilustrasi.

KOMPAS.com - Meski sudah sangat dibatasi, alkohol tetap dapat ditemukan dan dibeli di tempat-tempat tertentu.

Bagi mereka yang terbiasa mengakses tempat yang menyediakan alkohol dan sangat menikmati minuman beralkohol, sulit untuk menentukan apakah mereka sudah kecanduan atau belum.

Tapi, ada lima tanda yang tak terbantahkan yang bisa menentukan bahwa seseorang telah kecanduan alkohol. Inilah lima tanda itu.

1. Anda memiliki masalah kesehatan yang berhubungan dengan alkohol seperti sakit kepala, muntah dan dehidrasi di sebagian besar hari-hari Anda. Tidak jarang, Anda tidak bisa berfungsi dengan normal di pagi hari.

2. Anda memiliki masalah keuangan karena alkohol. Mungkin Anda menghabiskan terlalu banyak uang untuk membeli berbotol-botol minuman keras. Mungkin juga, Anda mengalami kesulitan melakukan pekerjaan dengan baik lalu dipecat.

Atau, mungkin Anda dipecat karena ketidakmampuan untuk datang tepat waktu dan bekerjasama dengan orang lain.

Selain itu, orang yang kecanduan alkohol cenderung tidak bisa mengendalikan diri, termasuk tidak bisa mengendalikan nafsu belanja, jatuh ke dalam perjudian, dan lain sebagainya.

Semua ini dapat semakin memerburuk masalah keuangan. Tidak peduli mengapa atau bagaimana itu terjadi, jika pemicunya adalah alkohol, berarti kesulitan keuangan yang Anda rasakan adalah tanda adanya gangguan penyalahgunaan alkohol atau alcohol use disorder (AUD).

3. Anda bermasalah dalam hubungan pribadi karena perilaku Anda di bawah pengaruh alkohol. Entah itu dengan pasangan, anak, keluarga, atau tetangga.

Jika Anda kesulitan menjalin hubungan baik dengan hampir semua orang (kecuali dengan sesama peminum), artinya Anda butuh terapi untuk menyembuhkan kecanduan Anda.

4. Anda terlibat masalah hukum yang disebabkan oleh alkohol. Mabuk di depan umum, penyerangan, kekerasan dalam rumah tangga, pembunuhan, adalah daftar panjang perbuatan kriminal yang umum dilakukan oleh pecandu alkohol.

5. Jika berhadapan dengan masalah, Anda lari ke alkohol. Baik itu masalah di tempat kerja, di pergaulan atau di rumah, selama Anda terdorong untuk minum minuman keras, alih-alih menghadapi dan menyelesaikan masalah, artinya segeralah pergi ke rumah sakit atau ke dokter untuk meminta rekomendasi terapi khusus bagi pecandu alkohol.

Editor : Bestari Kumala Dewi
Sumber: www.health.com,
TAG: