Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Mengatasi Perut Perih secara Alami dan Pakai Obat

Kompas.com - 15/07/2022, 16:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Cara mengatasi perut perih perlu disesuaikan akar penyebab masalah kesehatan ini.

Dilansir dari Healthline, penyebab perut perih biasanya berasal dari gangguan pencernaan, infeksi, penyakit asam lambung kronis, atau tukak lambung.

Di beberapa kasus yang lebih jarang, alasan kenapa perut perih juga bisa berasal dari sindrom iritasi usus, hernia, sampai kanker lambung.

Berikut beberapa cara mengobati perut perih sampai kapan perlu waspada dengan masalah kesehatan ini.

Baca juga: 10 Penyebab Perut Perih, Bisa dari Makanan sampai Tanda Penyakit

Cara mengatasi perut perih secara alami dan pakai obat

Saat perut perih, Anda bisa minum obat sampai mengganti kebiasaan makan dan beraktivitas untuk mencegah masalah kesehatan ini. Disarikan dari beberapa sumber, berikut beberapa di antaranya:

  • Minum obat sesuai penyebab perut perih

Perut perih karena asam lambung naik, infeksi lambung, gangguan pencernaan, maag, atau sindrom iritasi usus biasanya bisa diredakan dengan minum obat dijual bebas di apotek dan toko obat. Tapi, untuk perut perih karena infeksi bakteri H. pylori, Anda butuh antibiotik yang diresepkan dokter.

  • Makan pisang

Dilansir dari Oladoc, pisang bisa digunakan sebagai obat perut perih karena mengandung antasida alami. Coba makan ini saat perut terasa perih. Pilih jenis pisang yang tidak asam dan sudah matang.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Perut Begah dengan Cepat

  • Hindari makanan dan minuman penyebab perut perih

Dilansir dari MedicalNewsToday, terkadang penyebab perut perih berasal dari makanan atau minuman tertentu seperti susu, gluten, kafein, alkohol, soda, gorengan, makanan berlemak, makanan asam, atau makanan pedas. Coba identifikasi dan sebisa mungkin hindari asupan penyebab perut perih tersebut.

  • Jangan makan berlebihan

Dilansir dari HarvardHealthPublishing, saat perut perih, hindari makan berlebihan. Ganti kebiasaan ini dengan makan menggunakan porsi yang lebih kecil tapi sering. Makan berlebihan bisa membuat asam lambung rawan naik.

Baca juga: 5 Obat Perut Begah Alami yang Bisa Dijajal di Rumah

  • Makan perlahan-lahan

Selain makan berlebihan, makan terlalu cepat juga bisa menekan klep yang mengatur naik turunnya asam lambung. Kondisi ini juga bisa membuat asam lambung naik. Ganti kebiasaan Anda dengan makan perlahan-lahan.

  • Hindari berbaring atau rebahan setelah makan

Banyak orang yang langsung mengantuk dan berbaring setelah makan. Namun, orang yang perutnya sering perih tidak boleh melanjutkan kebiasaan ini. Hindari langsung berbaring atau rebahan setelah makan.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

  • Atur posisi tidur

Saat perut perih tak tertahankan muncul ketika tidur atau mendekati waktu tidur, coba atur posisi tidur setengah duduk dengan menggunakan bantal yang lebih tinggi. Jangan hanya mengganjal bagian kepala dan leher saja, tapi upayakan untuk mengganjal sampai bagian punggung bagian tengah.

  • Konsultasikan ke dokter untuk alternatif obat tertentu

Beberapa obat non-steroidal anti-inflammatory (NSAID) seperti ibuprofen, aspirin, naproksen, dll. terkadang memiliki efek samping perut perih. Jangan menghentikan pengobatan tanpa petunjuk dokter. Tapi, minta altenatif obat pengganti dengan khasiat sejenis untuk menghilangkan efek samping ini dari dokter.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik di Malam Hari

Kapan perlu waspada dengan perut perih?

Apabila Anda sudah menjajal beberapa cara mengatasi perut perih secara alami dan pakai obat di atas tapi masalah kesehatan ini tak kunjung sembuh, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter.

Terutama jika perut perih disertai gejala perut begah, tidak nafsu maka, mual terus-menerus, berat badan turun tanpa sebab jelas, BAB berdarah atau berlendir.

Kondisi di atas bisa jadi penyebab perut perih berasal dari gangguan pencernaan parah yang butuh penanganan medis.

Baca juga: Perut Begah Setelah Makan: Penyebab dan Cara Mengatasi

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com