Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ciri-ciri Air Ketuban Pecah, Ibu Hamil Perlu Tahu

Kompas.com - 07/11/2022, 18:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Jelang hari perkiraan lahir (HPL), sebagian ibu hamil mulai menunggu kontraksi dan pecahnya air ketuban. Namun, beberapa bumil mungkin bertanya-tanya apa saja ciri-ciri yang menandakan air ketubannya telah pecah.

Diketahui, air ketuban merupakan cairan yang melapisi atau melindungi janin selama kehamilan. Air ketuban juga berfungsi dalam mengatur suhu rahim dan membantu perkembangan janin.

Volume air ketuban umumnya meningkat dari bulan ke bulan hingga 1,2 liter saat kandungan berusia 38 minggu.

Baca juga: 6 Penyebab Ibu Hamil Kekurangan Cairan Ketuban

Sebelum atau saat persalinan, selaput ketuban akan pecah dan cairan pun keluar dari vagina. Momen pecahnya air ketuban bisa saja membuat kebanyakan wanita histeris hingga berteriak, atau tak sabar menghubungi dokter.

Setiap ibu hamil mungkin mengalami momen yang berbeda-beda saat air ketubannya pecah. Namun, ada 5 ciri-ciri umum yang dapat menunjukkan bahwa air ketuban Anda telah pecah, yaitu:

1. Kebocoran ketuban yang tidak terkendali

Saat ketuban pecah, beberapa ibu hamil mungkin merasakan rembesan atau tetesan secara perlahan hingga semburan air tiba tiba dari organ kewanitaan.

Jumlah air ketuban yang keluar tergantung pada seberapa besar robekan yang terjadi di vagina.

Selain itu, jika kantung ketuban pecah di bawah kepala bayi, maka cairan telah menumpuk dan akan menyembur keluar. Namun, bila peristiwa pecah ketuban terjadi lebih tinggi dari kepala, aliran air tidak akan terlalu deras.

Dalam banyak kasus, aliran cairan ketuban sering tidak terkontrol. Seorang bumil bisa saja mendapat total 2,5-3 cangkir cairan ketuban.

Apabila masih berada di rumah atau sedang dalam perjalanan menuju fasilitas kesehatan, Anda dapat mengatasi kebocoran ketuban dengan memakai pembalut atau duduk di atas handuk bersih.

Baca juga: Apa Saja Fungsi Air Ketuban bagi Janin?

2. Berwarna jernih dan tidak berbau

Secara umum, cairan ketuban tidak berbau, meskipun beberapa orang mendeteksi bau manis seperti air mani atau klorin.

Air ketuban juga berwarna jernih dengan sedikit lendir. Pada beberapa wanita kemungkinan ditemukan sedikit garis-garis darah.

3. Adanya tekanan atau letupan tanpa rasa sakit

Sebagian besar ibu hamil merasakan tekanan saat air ketuban pecah. Beberapa bumil juga mendengar suara letupan sebelum ketuban bocor.

Bumil umumnya tidak merasakan sakit ketika air ketuban pecah. Namun, kontraksi dapat meningkat setelah air ketuban pecah.

4. Bumil merasa ingin buang air kecil

Proses pecahnya air ketuban bisa saja terasa seperti inkontinensia urine atau kondisi saat seseorang sulit menahan buang air kecil hingga mengompol.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com