Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengobatan Gratis Jangkau 4000 Orang di Purworejo

Kompas.com - 05/04/2023, 08:34 WIB
Lusia Kus Anna

Editor


KOMPAS.com - Untuk memperluas akses kesehatan terhadap warga di daerah terpencil, Haleon sebagai produsen Panadol bermitra dengan Halodoc, mengadakan klinik berjalan (mobile clinic) di Kabupaten Purworejo selama enam minggu dan telah menjangkau 4.000 orang.

General Manager Haleon Indonesia Dhanica Mae Tiu mengatakan, program Panadol Klinik Cekatan ini dilakukan sejak 30 Januari - 14 Maret 2023.

"Pengobatan dilakukan di 30 lokasi di Kecamatan Pituruh dan Bruno, Kabupaten Purworejo. Hingga saat ini program ini telah menjangkau lebih dari 4.000 orang, termasuk anak dan lansia, serta berhasil memberikan 7.000 konsultasi,"katanya.

Klinik Keliling tersebut memanfaatkan gedung serbaguna atau fasilitas umum yang biasanya digunakan masyarakat setempat untuk kegiatan komunitas dan berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain.

"Dengan dukungan Halodoc, kami memberikan konsultasi dengan dokter umum serta obat-obatan terbatas. Sementara itu, pasien yang membutuhkan tindakan lebih lanjut kami rujuk ke faskes terdekat," kata Dhanica.

Baca juga: 6 Macam Penyakit Akibat Tubuh Kelebihan Garam

Tak hanya konsultasi dan obat, tim klinik keliling juga memberikan edukasi mengenai self-care agar masyarakat dapat melakukan mencegah penyakit dan mengelola kesehatan pribadi dan orang-orang di sekitar dalam jangka panjang.

Dari konsultasi kesehatan masyarakat yang datang berobat, ternyata yang paling banyak dikeluhkan adalah penyakit darah tinggi, diabetes, nyeri otot, penyakit kulit, serta gangguan pencernaan.

Tidak terbatas hanya di Jawa Tengah, Haelon dan Halodoc juga tengah berencana untuk memperluas cakupan layanan mobile clinic ke daerah pedesaan lainnya dan menambahkan fitur-fitur yang akan ditempatkan di masyarakat pada paruh kedua tahun ini

"Kemitraan Panadol Klinik Cekatan merupakan salah satu cara yang akan terus dikembangkan oleh Haleon untuk menjembatani kesenjangan dan memastikan masyarakat Indonesia memperoleh akses yang kesehatan yang terjangkau dan berkualitas," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com