Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/06/2023, 15:06 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Menggunakan tisu basah untuk membersihkan riasan atau makeup kerap dilakukan karena lebih mudah dan lebih cepat. Namun, apakah tisu basah aman untuk wajah?

Ternyata, penggunaan tisu basah untuk wajah tidak disarankan karena tidak bisa menghilangkan kotoran dengan baik dan bisa menyebabkan iritasi.

Sisa makeup dan kotoran yang menempel di wajah perlu dibersihkan secara menyeluruh dengan menggunakan pembersih berbahan dasar minyak dan air dengan metode double cleansing.

Simak penjelasan serta cara membersihkan wajah dengan metode double cleanse berikut ini.

Baca juga: 7 Efek Polusi Udara untuk Kesehatan Kulit dan Cara Mencegahnya

Apakah tisu basah aman untuk wajah?

Dilansir dari Guardian, penggunaan tisu basah untuk wajah belum bisa dikatakan aman secara ilmiah.

Namun, penggunaan tisu basah yang mengandung alkohol bisa membuat kulit semakin kering dan tidak bisa membersihkan kotoran secara menyeluruh.

Sisa riasan atau makeup dan kotoran yang menempel di wajah hanya akan menyebar ke seluruh bagian wajah sehingga akan menyebabkan masalah kulit lain.

Menurut Huffpost, ada beberapa efek samping tidur dengan sisa riasan dan kotoran, seperti:

  • Membuat kulit terpapar dengan radikal bebas dari lingkungan sehingga merusak kolagen di dalam kulit sehingga memicu tanda-tanda penuaan dini, seperti munculnya garis halus dan hiperpigmentasi
  • Memicu penyumbatan pori-pori sehingga akan menyebabkan jerawat dan komedo
  • Menyebabkan masalah kesehatan mata yang serius, seperti iritasi dan inflamasi jika menggunakan riasan mata yang anti-air, seperti maskara dan eyeliner

Meskipun tidak memakan banyak waktu, membersihkan wajah dengan menggunakan tisu basah bisa menyebabkan masalah kesehatan tertentu yang perlu diatasi secara medis.

Baca juga: Apakah Komedo Bisa Hilang Sendiri? Ini Faktanya…

Cara membersihkan wajah dengan double cleanse

Menurut Cleveland Clinic, Anda diimbau untuk membersihkan wajah secara menyeluruh dengan menggunakan metode double cleansing daripada menggunakan tisu basah.

Metode ini perlu dilakukan dengan pembersih berbahan dasar minyak dan dilanjutkan dengan yang berbahan dasar air, khususnya ketika menggunakan riasan.

Pembersih yang berbahan dasar minyak berguna untuk membersihkan produk yang waterproof atau anti-air, tabir surya, serta minyak berlebih yang diproduksi oleh tubuh.

Setelah itu, Anda bisa menggunakan pembersih yang berbahan dasar air agar sisa-sisa semua sisa riasan dan kotoran bisa terangkat.

Anda yang memiliki kulit berminyak perlu memilih jenis pembersih berbahan dasar minyak yang sesuai agar tidak menyebabkan iritasi dan jerawat.

Dengan mengetahui apakah tisu basah aman untuk wajah atau tidak, Anda bisa melakukan tindakan yang sesuai untuk menjaga kesehatan kulit.

Menggunakan tisu basah, meskipun yang tidak mengandung alkohol, tetap tidak disarankan karena wajah perlu dibersihkan secara menyeluruh agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih serius.

Baca juga: Double Cleanse: Tidak Hanya Sekadar Sabun Cuci Muka

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com