Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/07/2023, 16:00 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

KOMPAS.com - Pendidikan seks bukan hal yang "jorok", anak-anak perlu mendapatkannya sejak usia dini.

Dr. Ardiansjah Dara Sjahruddin, SpOG, M.Kes mengatakan bahwa orangtua sekarang perlu mengubah pola pikir tentang pendidikan seks untuk anak.

"Rata-rata orangtua yang lahir antara tahun 70, 80, 90-an memiliki anggapan membicarakan soal seks pada anak tabu," kata dr. Ardiansjah kepada Kompas.com pada Rabu (13/7/2023).

Baca juga: Kenali Apa Itu Pendidikan Seks untuk Anak

Padahal, pendidikan seks untuk anak dimulai dari hal yang sederhana, seperti pengenalan nama organ genital pada pria dan wanita.

"Anak-anak itu pertama harus dikenalkan organ genital dengan penamaan yang sebenarnya. Vagina dan penis sebagai kata-kata yang baku, bukan kata-kata yang jorok," ujarnya.

Pendidikan itu dapat diberikan orangtua kepada anak sejak anak usia antara 3-4 tahun.

Baca juga: Apa Pentingnya Pendidikan Seks untuk Anak?

"Ketika anak usia 3-4 tahun, yang mana mereka mengerti ingin buang air kecil, sudah bisa mulai dikenalkan organ genital dengan nama sebenarnya. Itu sama seperti mereka dikenalkan tentang kepala, tangan, dan kaki," terangnya.

Mengutip Mayo Clinic, anak usia sekitar 3-4 tahun sudah menyadari bahwa laki-laki dan perempuan memiliki alat kelamin yang berbeda.

Baca juga: Ini Usia Ideal Anak Mulai Diberikan Pendidikan Seks

Perkembangan psikoseksual pada anak

Dikutip dari Kementerian Kesehatan RI, seks memiliki arti jenis kelamin, yang berbeda antara pria dan wanita secara biologis.

Sehingga, pendidikan seks bisa memberikan informasi akurat kepada anak tentang identitas biologis antara pria dan wanita.

Novita Agustina, Ns, M.Kep, Sp.Kep. A dalam keterangannya di portal Kementerian Kesehatan RI, mengatakan bahwa pendidikan seks dapat ditanamkan sejak dini ketika anak mulai bertanya, misalnya "mengapa organ tubuh laki-laki berbeda dengan perempuan?".

Perlu orangtua ketahui bahwa pertanyaan yang berkaitan dengan seksualitas demikian wajar diajukan anak karena mereka melalui masa perkembangan psikoseksual.

Baca juga: Cara Memulai Pendidikan Seks pada Anak

Psikoseksual adalah istilah perkembangan manusia yang didasarkan pada gagasan akan seksualitas, menurut Simund Freud.

Mengutip buku "Bimbingan & Konseling di Taman Kanak-kanak" (2015) oleh Dr. Ahmad Susanto, M.Pd., tahap perkembangan psikoseksual yang dilalui anak terbagi menjadi 5 fase, yaitu:

  • Tahap oral (usia 0-1 tahun)

Anak pada usia ini berfokus pada mulut untuk mendapatkan rasa nikmat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com