Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/08/2023, 12:39 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Hepatitis adalah inflamasi pada lever atau organ hati karena virus dan bisa berubah menjadi fatal ketika tidak ditangani dengan segera. Namun, apakah hepatitis bisa sembuh?

Ternyata, beberapa jenis hepatitis dapat sembuh dengan sendirinya tanpa melakukan pengobatan atau perawatan tertentu.

Namun, beberapa jenis hepatitis tidak dapat disembuhkan dan perlu pengobatan secara berkala untuk mengurangi gejala yang muncul.

Untuk lebih memahaminya, simak penjelasan dan cara mengatasi hepatitis berikut ini.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Hepatitis, Jenis, Penyebab, dan Gejalanya

Apakah hepatitis bisa sembuh?

Ternyata, tidak semua jenis hepatitis bisa disembuhkan secara total. Ada juga beberapa jenis hepatitis yang perlu pengobatan seumur hidup untuk mengontrol gejala penyakit. 

Melansir Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), beberapa jenis hepatitis dapat disembuhkan dan beberapa jenis hepatitis lainnya memerlukan pengobatan secara berkala, seperti:

  • Hepatitis A umumnya dapat disembuhkan secara total dan sistem kekebalan tubuh dapat terbentuk untuk mencegah infeksi yang lebih serius
  • Hepatitis B akut umumnya dapat sembuh ketika sistem imun tubuh dapat melawan virus yang masuk, namun jika tidak, hepatitis B akan menjadi kronis dan tidak dapat disembuhkan sehingga penderita harus melakukan pengobatan jangka panjang
  • Hepatitis C dapat sembuh sendiri dan dapat diatasi dengan konsumsi obat, namun beberapa penderita bisa mengalami kondisi yang lebih serius, seperti sirosis hati atau kanker
  • Hepatitis D tidak bisa disembuhkan secara total karena tidak memiliki pengobatan dan perawatan khusus, namun penderita umumnya perlu mengonsumsi obat selama 12 bulan untuk mencegah virus menyebar dan menurunkan penularan
  • Hepatitis E dapat disembuhkan secara total dan tidak memerlukan pengobatan serta perawatan khusus

Masing-masing jenis hepatitis tersebut berbeda, termasuk dari cara penularan, tingkat keparahan kondisi yang dialami, dan cara pencegahan yang bisa dilakukan.

Untuk hepatitis A, B, dan E, dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi, sedangkan hepatitis C dan D tidak memiliki vaksin khusus.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Hepatitis C, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi hepatitis

Cara mengatasi hepatitis akan tergantung dari jenis hepatitis yang dialami oleh penderita.

Dilansir dari Healthline, beberapa cara mengatasi hepatitis sesuai dengan jenisnya, yakni:

  • Hepatitis A tidak memiliki pengobatan atau perawatan khusus dan dapat sembuh dengan sendirinya, namun penderita diimbau untuk beristirahat untuk mengurangi gejala yang muncul
  • Hepatitis B umumnya memerlukan pengobatan secara medis dan melakukan pemeriksaan secara teratur untuk memantau kondisi penderita
  • Hepatitis C perlu diatasi dengan konsumsi obat antivirus yang diberikan sesuai dengan kondisi penderita
  • Hepatitis D perlu diatasi dengan konsumsi obat peginterferon alfa yang akan diberikan sesuai dengan kondisi penderita
  • Hepatitis E umumnya tidak memerlukan pengobatan khusus karena bisa sembuh dengan sendirinya

Selain melakukan pengobatan dan perawatan secara medis, penderita hepatitis umumnya perlu melakukan perubahan kebiasaan untuk mengurangi gejala yang muncul dan menghindari kondisi yang lebih serius.

Penderita umumnya akan diimbau untuk banyak istirahat, minum air putih lebih banyak, makan makanan yang bernutrisi, dan menghindari konsumsi minuman beralkohol.

Mengetahui apakah hepatitis bisa sembuh atau tidak sangatlah penting mengingat beberapa jenis hepatitis dapat menyebabkan komplikasi.

Dengan begitu, Anda dapat melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan dan segera mencari bantuan medis untuk menghindari kondisi yang lebih serius.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Hepatitis B, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com