Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Baik, Manfaat Olahraga Akhir Pekan Serupa Olahraga Teratur Setiap Hari

Kompas.com - 13/08/2023, 15:16 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

Sumber CNN,

KOMPAS.com - Sejumlah orang yang kesulitan meluangkan waktu untuk latihan fisik terkadang penasaran, olahraga teratur setiap hari apakah lebih baik bagi kesehatan dibandingkan olahraga di akhir pekan?

Nah, beberapa penelitian menjawab rasa penasaran ini. Studi yang dilakukan peneliti fisiologi olahraga dari Federal University of São Paulo Brazil mengungkapkan, efek olahraga di akhir pekan atau satu dua kali seminggu sama manfaatnya dengan olahraga rutin setiap hari.

Baca juga: Olahraga Jalan Cepat atau Lari, Mana yang Lebih Sehat?

Dilansir dari Prevention, temuan tersebut berdasarkan analisis data kesehatan 350.000 orang di AS pada medio 1997 sampai 2013.

Hasil penelitian jangka panjang tersebut menunjukkan, manfaat olahraga teratur setiap hari dan hanya di akhir pekan saja sama-sama baik untuk kesehatan, terutama dalam mengurangi risiko kematian dini.

Rasio perbedaan kedua aktivitas ini dalam mencegah kematian dini akibat penyakit kronis seperti penyakit jantung dan pembuluh daraha atau kanker sangat kecil, yakni 0,92 dan 0,85. Dengan kata lain, perbedaannya sangat kecil atau nyari sama.

Dilansir dari CNN, penelitian lain yang dikerjakan ahli dari dimuat di jurnal JAMA juga menyebutkan, temuan yang sejenis.

Dari penelitian yang dilakukan pada 100.000 orang di Inggris, responden yang rutin olahraga di akhir pekan atau setiap hari, ternyata sama-sama memiliki risiko terkena penyakit kardiovaskular yang lebih rendah dibandingkan orang yang tidak rajin olahraga.

Pengurangan risiko tersebut terutama untuk serangan jantung, gagal jantung, fibrilasi atrium, dan stroke.

Meskipun ada beberapa kelemahan penelitian di atas, yakni metode riset yang hanya mengandalkan alat pencatatan aktivitas mingguan dan objeknya kebanyakan orang berkulit putih, tapi temuan tersebut bisa jadi angin segar yang baik bagi Anda yang merasa hanya sempat olahraga di akhir pekan.

Baca juga: Olahraga Sebelum atau Setelah Sarapan, Mana yang Lebih Sehat?

Optimalkan manfaat olahraga untuk kesehatan

Sesuai anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan sejumlah otoritas kesehatan, agar manfaatnya optimal, Anda dianjurkan rutin olahraga dengan intensitas sedang sebanyak 150 menit seminggu, atau jalani olahraga 30 menit setiap hari.

Tak perlu bingung memiliki jenis olahraga intensitas sedang. Patokannya adalah jenis olahraga yang bisa membuat napas terengah-engah saat menjalaninya.

Anda bebas memilih opsi olahraga ini, termasuk jalan cepat, jogging, bersepeda, berenang, bahkan menari.

Baca juga: 11 Manfaat Olahraga Setelah Bangun Tidur yang Perlu Diketahui

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com