Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Makanan untuk Membantu Menghilangkan Jerawat, Ada Brokoli dan Anggur

Kompas.com - 26/08/2023, 10:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah asupan yang dikonsumsi sehari-hari, ternyata potensial sebagai makanan penghilang jerawat. Pasalnya, makanan terkait dengan kesehatan, termasuk kulit. 

Dinukil dari laman HarvardHealthPublishing, penyebab jerawat dipengaruhi kombinasi faktor, seperti produksi minyak berlebih, perubahan hormon, genetik, polusi udara, paparan rokok, stres berlebihan, atau pola makan tidak sehat. 

Perlu diketahui, minuman atau makanan tertentu seperti asupan tinggi gula, tinggi lemak jenuh dan lemak trans dapat meningkatkan peradangan dan merangsang produksi minyak berlebih di kulit. Hal itulah yang secara tidak langsung memicu jerawat. 

Lantas, apa saja makanan untuk menghilangkan jerawat? Kenali beberapa di antaranya lewat artikel berikut ini. 

Baca juga: Gorengan Termasuk Makanan Penyebab Jerawat Makin Parah, Kenapa Begitu?

Makanan untuk menghilangkan jerawat 

Dilansir dari Healthline, jenis makanan yang bisa membantu menghilangkan jerawat mengandung indeks glikemik rendah, mengandung banyak mineral zinc, vitamin A dan E, asam lemak omega 3, atau antioksidan. Berikut beberapa di antaranya:

  • Brokoli

Brokoli potensial sebagai makanan untuk menghilangkan jerawat karena mengandung zat antioksidan dan antiperadangan jenis sulforaphane. Zat ini dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Selain itu, brokoli juga rendah leusin yang bisa mengurangi produksi sebum. 

  • Labu

Labu mengandung serat, zinc, dan alpha hydroxy acid (AHA) alami yang dapat membantu menjaga kekenyalan kulit, mengontrol produksi minyak atau sebum, dan mengembalikan keseimbangan kadar keasaman atau pH kulit. Sehingga, cocok untuk mencegah jerawat.

  • Quinoa

Menurut Kementerian Kesehatan, quinoa adalah biji-bijian kaya serat yang berasal dari tanaman bernama latin Chenopodium quinoa. Asupan yang rendah indeks glikemik ini juga tinggi serat, sehingga baik untuk kulit berjerawat sekaligus dapat melancarkan pencernaan.

Baca juga: 7 Makanan Penyebab Jerawat yang Perlu Diwaspadai

  • Salmon

Ikan salmon terkenal sebagai salah satu makanan sumber asam lemak omega 3. Selain itu, makanan ini juga mengandung  antioksidan, protein, vitamin B, kalium, dan selenium yang dapat menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari jerawat.

  • Kedelai

Kedelai dan produk turunannya seperti tahu, tempe, soya mengandung isoflavon dan fitoestrogen. Zat gizi ini dapat mengurangi produksi sebum, sehingga dapat membantu menghilangkan jerawat.

  • Buah anggur merah

Buah anggur merah mengandung senyawa antioksidan resveratrol yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, buah ini juga bisa menjaga kelembapan, mencegah penuaan dini, sampai menurunkan risiko kanker kulit. 

  • Kale

Kale juga tergolong makanan penghilang jerawat dan bekasnya karena memiliki banyak serat, vitamin A, B-6, C, dan K. Selain itu, sayuran hijau ini juga banyak memiliki kalsium, mangan, tembaga, magnesium, dan antioksidan yang baik untuk merangsang regenerasi sel kulit. 

  • Kacang-kacangan

Bagi Anda yang penasaran apakah makan kacang menyebabkan jerawat? Jawabannya tidak. Beberapa jenis kacang seperti kacang merah, buncis, kacang tanah, dan lentil termasuk makanan dengan indeks glikemik rendah. Hal itu dapat membantu menjaga gula darah stabil dan jerawat lebih terkontrol. 

Baca juga: 10 Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat Tambah Parah

Pola makan untuk menghilangkan jerawat

Selain mengetahui beberapa jenis makanan yang bisa menghilangkan jerawat, Anda yang bergelut dengan masalah kulit ini juga perlu memperhatikan pola makan sehari-hari. Berikut panduan pola makan untuk menghilangkan jerawat yang bisa Anda jajal: 

  • Diet glikemik

Makanan dengan indeks glikemik tinggi bisa membuat hormon insulin naik. Hal itu bisa meningkatkan produksi sebum dan dapat memicu atau memperparah jerawat. Agar jerawat terkontrol, hindari segala jenis makanan penyebab jerawat yang mengandung indeks glikemik tinggi, seperti makanan cepat saji dan instan, roti, minuman manis, kue, donat, atau pasta. 

  • Kurangi susu dan produk turunannya

Dilansir dari Medical News Today, susu dan produk olahannya seperti keju memengaruhi jerawat. Pasalnya, susu mengandung asam amino leusin, yang meningkatkan produksi sebum. dalam sel kulit.

  • Konsumsi Buah dan Sayuran

Dikutip dari ScienceDirect, rutin makan buah dan sayur di setiap sesi makan, baik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, termasuk membantu menghilangkan jerawat. Makanan sehat ini mengandung zat antiperadangan dan tinggi antioksidan.

Selain mengonsumsi makanan untuk menghilangkan jerawat di atas, coba terapkan juga pola makan untuk menghilangkan jerawat. Selain itu, jangan lupa untuk mengendalikan faktor penyebab jerawat di atas, termasuk tidur cukup, kurangi stres, hindari polusi udara. 

Apabila jerawat yang tak kunjung sembuh dan membaik, sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter kulit terpercaya agar masalah kulit ini dapat segera teratasi.

Baca juga: 4 Makanan Penyebab Jerawat yang Harus Dihindari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com