Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Keliru, Begini Jarak Minum Obat 3x Sehari yang Benar

Kompas.com - 07/09/2023, 18:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Obat dapat efektif dan manjur saat dikonsumsi sesuai dengan aturan minum obat yang berlaku atau sesuai anjuran dokter. 

Salah satu aturan tersebut terkait jadwal minum obat. Beberapa obat mencantumkan aturan minum obat 3x1

Nah, jarak minum obat 3x sehari ternyata tidak bisa sembarangan, seperti mengikuti jadwal sarapan, makan siang, dan makan malam. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut. 

Baca juga: Merokok setelah Minum Obat, Apa Efeknya untuk Kesehatan?

Bagaimana jarak minum obat 3x sehari yang benar?

Saat mendapat resep obat dengan aturan minum 3x1, maka jarak minum obat perlu jeda setiap 8 jam sekali. 

Dilansir dari laman UniversitasSebelasMaret, cara minum obat yang benar adalah obat diminum dengan tepat dosis, tepat waktu, dan tepat cara penggunaan.

Tepat waktu berarti kita harus mengetahui jarak minum obat yang benar, jika obat harus diminum 3x sehari, maka perhitungannya adalah selama 24 jam dibagi 3 yaitu berjarak 8 jam per sekali minum.

Sejumlah orang ada yang salah kaprah mengartikan cara minum obat 3x sehari disesuaikan dengan jam makan. Hal itu kurang tepat karena jarak tiap jam makan belum tentu genap 8 jam sekali. 

Apabila aturan minum obat 3x1 dilanggar, obat bisa jadi kurang efektif dan khasiatnya menjadi tidak optimal. Selain itu, perhatikan cara minum obat yang benar. 

Baca juga: Kenapa Minum Obat Harus Makan Dulu? Kenali 4 Alasannya...

Bagaimana cara minum obat yang benar?

Obat yang diminum tidak sesuai petunjuk bisa memunculkan risiko dan efek samping yang tidak diingikan. Untuk itu, pastikan Anda mengetahui cara yang benar sesuai aturan. Dilansir dari National Institute on Aging, berikut beberapa cara minum obat yang benar:

  • Ikuti petunjuk dan minum obat sesuai dosis

Saat mendapatkan resep obat dari dokter ataupun apoteker, Anda sebaiknya selalu membaca semua label obat dan pastikan untuk mengikuti instruksi yang tertulis.

Jika obat tertulis sebelum makan, Anda hendaknya meminum obat itu paling tidak jeda 30 menit sebelum makan. Jika obat diresepkan untuk sesudah makan, Anda perlu menunggu sekitar 30-60 menit sesudah makan untuk minum obat.

Hal lain yang perlu diingat adalah jangan pernah meminum obat melebihi dosis yang diberikan karena bisa sangat berbahaya dan bahkan mematikan untuk Anda. 

  • Minum obat tepat waktu 

Biasanya obat yang diberikan memiliki beberapa jenis aturan pakai yang berbeda-beda. Untuk itu, pastikan Anda mengetahui jadwal minum obat yang tepat waktu.

Apabila mendapat aturan minum obat 3x1, maka pastikan Anda minum obat setiap 8 jam sekali, dan mengingat dengan tepat kapan harus minum obat selanjutnya.

Usahakkan untuk tidak terlambat dan tidak terlalu cepat. Anda dapat memanfaatkan alarm pengingat minum obat supaya lebih tepat waktu.

Baca juga: Dokter Ingatkan Efek Samping Minum Obat Simvastatin secara Sembarangan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com