Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Renang sesuai Gaya Olahraganya untuk Kesehatan

Kompas.com - 16/09/2023, 16:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Renang termasuk salah salah satu olahraga yang jadi favorit sebagian orang. Selain rekreatif, manfaat renang juga dapat dirasakan tubuh, baik secara fisik maupun mental.

Tapi, tahukah Anda, setiap gaya pada olahraga renang ternyata ada manfaatnya tersendiri? Untuk itu, kenali beragam manfaat renang sesuai gayanya untuk kesehatan. 

Baca juga: Kabar Baik, Manfaat Olahraga Akhir Pekan Serupa Olahraga Teratur Setiap Hari

Manfaat renang sesuai gaya olahraganya untuk kesehatan

Saat berenang, Anda dapat melakukan beberapa jenis gaya seperti gaya dada, gaya punggung, gaya kupu-kupu, atau gaya lainnya.

Melansir berbagai sumber, berikut 7 manfaat olahraga renang sesuai jenis gayanya untuk kesehatan tubuh:

  • Manfaat renang gaya kupu-kupu

Melansir DoveMed, renang gaya kupu-kupu adalah teknik berenang populer yang dikenal dengan gerakan lengan, tendangan simultan, dan posisi tubuh tengkurap.

Manfaat renang gaya kupu-kupu bagi kesehatan yakni dapat meningkatkan kebugaran dan kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Renang gaya kupu-kupu membutuhkan tingkat daya tahan yang tinggi, sehingga dapat membantu memperkuat jantung dan paru-paru.

Berenang dengan gaya punggung akan membuat seluruh tubuh mengalami pergerakan yang sangat bermanfaat bagi otot latissimus dorsi di punggung. Selain itu, gaya berenang ini juga melatih otot bagian dada, lengan, kaki, dan pantat.

Tak hanya itu, manfaat renang gaya punggung dapat membantu memperbaiki masalah postur, terutama area bahu. Apabila dilakukan dengan benar, renang gaya punggung dapat menjadi terapi untuk membantu memperbaiki postur bahu.

Baca juga: 7 Manfaat Olahraga Lari untuk Kesehatan yang Sayang untuk Dilewatkan

Melansir BoldSky, renang gaya dada mengharuskan tubuh lebih banyak menggunakan kaki ketimbang lengan. Dengan begitu, olahraga renang dengan gaya ini dapat membantu meningkatkan kapasitas otot-otot kaki.

Selain membantu meningkatkan fungsi otot kaki, manfaat renang gaya dada juga membantu mengencangkan otot punggung. Gaya ini juga cenderung tidak menimbulkan rasa sakit pada bahu, tidak seperti gaya renang lainnya. 

  • Manfaat renang gaya bebas

Renang gaya bebas memungkinkan pergerakan pada seluruh tubuh. Sehingga, manfaat renang gaya bebas bisa untuk melatih kekuatan otot lengan, leher, bahu, dada, punggung atas, dan kaki.

Selain itu, gerakan pada renang gaya bebas dapat membantu mengencangkan otot punggung dan membuat persendian Anda lebih kuat.

  • Manfaat renang gaya samping

Pada teknik renang gaya samping, Anda diharuskan berenang miring ke satu sisi. Salah satu tangan akan digunakan sebagai dayung secara bergantian. Sedangkan, kaki akan bergerak berlawanan arah.

Manfaat renang gaya samping bagi tubuh adalah untuk meningkatkan daya tahan otot, membantu meningkatkan pernapasan, dan kekuatan tubuh.

Baca juga: 11 Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com