Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Tingkatkan Standar Fisioterapi, Physiorehab Berkolaborasi dengan Dokter Alan Cheung

Kompas.com - 11/10/2023, 18:57 WIB
Nirwana Hafizh,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Salah satu klinik fisioterapi ternama Tanah Air, Physiorehab, berkolaborasi dengan konsultan ahli bedah asal Singapura, dr Alan Cheung.

Kolaborasi tersebut diresmikan dalam acara diskusi bertajuk “ACL Complication” yang digelar Physiorehab di AimHigh Stadium Lvl 3, Tangerang, Banten, Selasa (2/10/2023).

Acara tersebut dihadiri oleh 100 orang yang terdiri dari atlet, olahragawan, fisioterapis, serta influencer di bidang olahraga.

Sebagai informasi, dr Alan Cheung lahir dan mendapatkan pendidikan ortopedi medis di Inggris. Ia pun merupakan Founder International Orthopaedic Clinic yang punya pengalaman panjang di dunia ortopedi, baik di Singapura maupun kawasan Asia Pasifik.

Baca juga: Cedera ACL: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Dokter Alan Cheung menjelaskan, anterior cruciate ligament (ACL) merupakan salah satu ligamen atau penghubung dua tulang yang sering kali mengalami cedera.

"Operasi rekonstruksi ACL dapat menyebabkan banyak komplikasi. Beberapa di antaranya bisa berbahaya dan berisiko menggagalkan operasi," tutur dr Alan dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (11/10/2023).

Senada dengan dr Alan, Owner Physiorehab Simon Tri Prasetya juga menyatakan bahwa cedera ACL berpotensi mengganggu aktivitas sehari-hari.

"Komplikasi cedera ACL dapat memengaruhi tingkat keberhasilan operasi. Dengan melakukan fisioterapi di Physiorehab, pasien dapat kembali berolahraga secara normal tanpa rasa sakit," kata Simon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com