Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Darah Penting Bagi Kehidupan Manusia?

Kompas.com - 09/11/2023, 10:52 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sekitar tujuh hingga delapan persen dari total berat badan manusia adalah darah. Lalu, pernakah Kamu berpikir, mengapa darah penting bagi kehidupan manusia?

Melansir American Society Of Hematology, darah adalah cairan tubuh khusus yang memiliki empat komponen utama berupa plasma, sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit.

Tubuh kita memiliki 60.000 mil pembuluh darah. Darah yang mengalir melalui pembuluh darah vena, arteri, dan kapiler dikenal sebagai darah utuh yang merupakan campuran sekitar 55 persen plasma dan 45 persen sel darah.

Tubuh laki-laki rata-rata memiliki sekitar 12 liter darah di tubuhnya, dan wanita dengan ukuran rata-rata memiliki sekitar 9 liter darah.

Tentunya, jumlah darah yang begitu banyak di dalam tubuh menandakan betapa pentingnya darah bagi manusia.

Untuk menjawab rasa penasaran di atas, Kamu bisa menyimak penjelasannya melalui artikel di bawah ini.

Baca juga: Kenali Komponen Darahmu yang Miliki Fungsi Sangat Penting

Mengapa darah penting bagi kehidupan manusia

Melansir National Health Service, alasan mengapa darah penting bagi kehidupan manusia yaitu karena fungsi darah utamanya untuk alat transportasi oksigen, nutrisi, dan hormon yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup. Berikut beberapa fungsi darah yang utama:

  • Mengangkut oksigen ke seluruh tubuh

Sel darah merah punya tugas penting yakni mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Ketika sel darah merah mencapai jaringan yang membutuhkan oksigen, oksigen dilepaskan dari hemoglobin dan berdifusi ke dalam sel di mana ia digunakan untuk membuat energi.

Semua sistem dalam tubuh manusia bergantung pada oksigen untuk membuat energi.

Jika darah tidak memindahkan oksigen yang kita hirup ke organ dan jaringan, maka tubuh tidak akan dapat melakukan fungsi normal seperti menggerakkan otot, mencerna makanan, atau berpikir.

Baca juga: Kenali Apa itu Amandel, Fungsi, dan Penyakit yang Biasanya Menyerang

Baca juga: 5 Fungsi Plasenta yang Perlu Ibu Hamil Ketahui

  • Membawa nutrisi ke seluruh tubuh

Selain berperan membawa oksigen, fungsi darah pada manusia juga bisa membawa nutrisi seperti vitamin, mineral, gula, lemak dan protein ke seluruh tubuh.

Nutrisi dicerna dan diserap ke dalam darah melalui pembuluh darah halus atau kapiler di usus kecil. Zat ini lantas dipindahkan ke sel-sel di sekitar tubuh yang membutuhkan nutrisi untuk bekerja.

Pembuluh darah yang dekat dengan sel berdiameter kecil bisa membuat darah mengalir lebih lambat, sehingga memungkinkan sel untuk mengambil nutrisi penting dari darah, sekaligus membuang produk limbah yang sudah tidak diperlukan untuk dikeluarkan dari tubuh.

  • Membantu pergerakan hormon ke seluruh tubuh

Peran darah berikutnya yaitu membantu pergerakan hormon di sekitar tubuh sebagai perantara untuk menjalin komunikasi antar organ.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com