Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laurentius Purbo Christianto
Dosen

Dosen Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Paranoid dan Skizoid: Duet Maut Mematikan

Kompas.com - 06/12/2023, 14:21 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.com (7/10/2023), memberitakan hasil penyelidikan kasus meninggalnya ibu dan anak di Depok. Korban adalah Grace Arijani Harahap (64) dan David Ariyanto Wibowo (38).

Jenazah ibu dan anak ini ditemukan telah menjadi tulang di kamar mandi rumahnya. Mereka diduga telah meninggal satu bulan sebelumnya.

Baca juga: Psikolog Forensik Sebut Anak yang Ditemukan Tewas Tinggal Tulang di Depok Berkepribadian Skizoid

Berdasarkan penyelidikan, polisi menyimpulkan bahwa mereka bunuh diri. Dokter forensik Rumah Sakit Polri menemukan bahwa keduanya meninggal karena kekurangan oksigen.

Mereka masuk ke kamar mandi ART yang sempit, gelap, dan tidak ada ventilasi, kemudian diduga mereka menyalakan dupa, sehingga kekurangan oksigen.

Hasil penyelidikan psikologi forensik menemukan bahwa kedua korban mengalami gangguan psikologi.

Ketua Asosiasi Psikologi Forensik (Apsifor), Nathanael Elnadus J Sumampow menyampaikan bahwa David terindikasi menderita depresi dan memiliki kepribadian skizoid; sedangkan Grace memiliki kepribadian paranoid.

Pada peristiwa ini, kepribadian paranoid dan skizoid adalah “duet maut” yang menjadi faktor penyebab munculnya keputusan untuk bunuh diri bersama.

Frasa “kepribadian” yang diletakkan di depan kata skizoid dan paranoid menunjukkan bahwa gangguan ini telah terjadi dalam waktu lama, gejala-gejala selalu muncul, dan lebih bersifat permanen.

Hal ini menunjukkan bahwa kedua korban telah mengalami gangguan psikologi dalam waktu lama. Diduga kondisi ini terjadi setelah suami/ayah korban meninggal.

Lalu, seperti apakah gambaran duet maut kepribadian paranoid dan skizoid?

Kepribadian Paranoid

Seseorang yang memiliki kepribadian paranoid adalah seseorang yang selalu curiga. Pikiran mereka dipenuhi kecurigaan akan segala sesuatu. Hal ini membuat mereka menjadi pencemas dan penakut.

Seseorang dengan kepribadian paranoid akan sulit membangun relasi sosial, karena mudah curiga dengan orang lain.

Mereka takut bertemu dengan orang lain, karena berpikir bahwa orang lain akan berbuat buruk atau berpikir buruk tentang mereka.

Orang dengan kepribadian paranoid perlu bantuan orang lain untuk menunjukkan bahwa kecurigaan mereka kepada orang lain tidak benar.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com