BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Nutrafor Gold Coffee

Kasus Covid-19 Kembali Naik di Musim Pancaroba, Jaga Kesehatan dan Stamina Tubuh dengan Kiat Ini

Kompas.com - 28/12/2023, 16:42 WIB
Anissa DW,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Setelah mereda beberapa waktu, Indonesia kembali mengalami peningkatan kasus Covid-19 jelang akhir 2023.

Data terbaru Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menunjukkan, total kasus aktif virus Corona varian Omicron subvarian EG.2 dan EG.3 mencapai 2.575 orang hingga Rabu (27/12/2023) pukul 16.00 WIB.

Kasus konfirmasi positif Covid-19 harian per Rabu mencapai 331 orang, kasus sembuh 431 orang, dan kasus meninggal 2 orang.

Tak hanya peningkatan kasus Covid-19, sejumlah wilayah di Indonesia juga mulai diguyur hujan beberapa waktu terakhir. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), saat ini, Indonesia telah memasuki peralihan dari musim kemarau ke musim hujan atau biasa disebut musim pancaroba.

BMKG pun mewanti-wanti masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem, seperti cuaca yang tiba-tiba berubah dari panas ke hujan atau sebaliknya, di musim pancaroba kali ini.

Sebagai contoh, cuaca di pagi hari cerah, mulai tumbuh awan pada siang hari, kemudian hujan menjelang sore atau malam hari.

Suhu dan cuaca yang berubah-ubah itu membuat kondisi lingkungan menjadi lebih lembap. Di kondisi ini, virus dan bakteri mudah berkembang biak, termasuk Covid-19.

Akibatnya, tubuh dengan sistem imun atau daya tahan tubuh yang kurang baik menjadi lebih rentan terserang penyakit. Beberapa penyakit yang rentan muncul saat musim pancaroba antara lain adalah sakit kepala, batuk dan flu, nyeri sendi, diare, dan demam berdarah dengue (DBD).

Agar kesehatan dan stamina tubuh tetap terjaga di tengah cuaca yang tidak menentu serta kasus Covid-19 yang kembali meningkat, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang, berolahraga secara rutin, mengelola stres, serta istirahat yang cukup.

Selain itu, cukupi juga asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Jika diperlukan, Anda dapat pula memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dengan mengonsumsi suplemen multivitamin dan mineral agar stamina prima, fisik bugar, serta daya tahan tubuh kuat.

Adapun beberapa vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah sebagai berikut.

Pertama, vitamin C. Vitamin ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu dalam pemulihan otot.

Kedua, vitamin B kompleks yang berperan dalam metabolisme energi dan membantu mengurangi kelelahan.

Ketiga, zat besi. Mineral ini berperan penting untuk pembentukan sel darah merah dan transportasi oksigen dalam tubuh.

Keempat, magnesium yang diperlukan untuk fungsi otot dan kerja enzim tubuh.

Kelima, zink. Nutrient ini yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh dan pemulihan jaringan.

Perlu diketahui, kekurangan multivitamin dan mineral dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Contohnya, pelemahan sistem kekebalan tubuh, gangguan konsentrasi, keram kesemutan, dan bahkan rentan terserang berbagai penyakit.

Maka dari itu, penting bagi setiap orang untuk memperhatikan asupan nutrisi seimbang dan melengkapi kebutuhan vitamin.

Umumnya, asupan multivitamin dan mineral bisa didapatkan dari makanan sehat ataupun suplemen berupa kapsul atau tablet. Namun, bagi sebagian orang, mengonsumsi multivitamin dalam bentuk kapsul atau tablet setiap hari bisa terasa membosankan.

Di sisi lain, banyak orang melewatkan konsumsi suplemen lantaran lupa ataupun merasa kesulitan saat menelan kapsul atau tablet.

Selain itu, ada pula anggapan bahwa konsumsi multivitamin hanya diperlukan ketika sakit atau tubuh dalam kondisi kurang fit.

Kini, Anda tidak perlu repot lagi saat mengonsumsi multivitamin karena sudah tersedia multivitamin berbentuk kopi pertama di Indonesia yang kaya multivitamin mineral, Nutrafor Gold Coffee.

Nutrafor Gold Coffee dapat menjadi solusi tepat, praktis, dan inovatif dalam memenuhi kebutuhan multivitamin serta mineral harian untuk menjaga stamina dan kesehatan.

Selain itu, produk tersebut juga dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin merasakan manfaat multivitamin sekaligus kenikmatan kopi untuk tubuh yang sehat dan penuh semangat.

Nutrafor Gold Coffee merupakan multivitamin berbentuk kopi yang diformulasikan secara khusus dengan kandungan 10 vitamin, 6 mineral, asam folat, kalsium, omega 3, dan ginseng. dok. Nutrafor Gold Coffee Nutrafor Gold Coffee merupakan multivitamin berbentuk kopi yang diformulasikan secara khusus dengan kandungan 10 vitamin, 6 mineral, asam folat, kalsium, omega 3, dan ginseng.

Segudang manfaat kopi

Seperti diketahui, kopi merupakan minuman populer yang diminati berbagai kalangan. Bahkan, sebagian orang merasa kesulitan untuk memulai aktivitas jika belum meminum secangkir kopi.

Kopi memiliki kandungan kafein yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kafein merupakan stimulan alami yang dapat memberikan dorongan energi, membuat mood dan pikiran lebih relaks, sumber antioksidan, serta meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Tak hanya itu, konsumsi kopi secara rutin diklaim dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Menurut riset yang dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry pada 2017, orang sehat yang mengonsumsi 3-5 cangkir kopi per hari mengalami penurunan risiko penyakit kardiovaskular hingga 15 persen.

Sementara itu, penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Stroke and Cerebrovascular Diseases pada 2020 menemukan bahwa minum sekitar tiga hingga empat cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan risiko stroke sebesar 21 persen.

Minum kopi secara konsisten dari waktu ke waktu juga terbukti memiliki efek jangka panjang pada kesehatan otak dan kognitif seseorang.

Hal itu diungkapkan oleh studi “Habitual coffee consumption and risk of cognitive decline/dementia: A systematic review and meta-analysis of prospective cohort studies” yang dirilis pada 2016. Studi ini menemukan bahwa kebiasaan mengonsumsi kopi dapat membantu menurunkan risiko penyakit Alzheimer.

Manfaat lain dari kopi adalah dapat membantu mengontrol dan menurunkan berat badan. Pasalnya, kopi mengandung senyawa tumbuhan tertentu dan polifenol yang diketahui bisa membantu mencegah obesitas dan bentuk sindrom metabolik lain.

Tak hanya itu, sebuah meta-analisis berjudul “Coffee Intake and Obesity: A Meta-Analysis” yang diterbitkan Nutrients pada 2021 menyimpulkan, asupan kopi mungkin memiliki sedikit kaitan dengan penurunan obesitas perut (adipositas), terutama pada laki-laki.

Manfaat Nutrafor Gold Coffee

Nutrafor Gold Coffee sendiri memiliki formulasi khusus dengan kandungan 10 vitamin (vitamin A, D, E, C, B1, B2, B3, B6, B12, asam folat) dan 6 mineral (zink, selenium, mangan, tembaga, magnesium, zat besi), kalsium, omega 3, serta ginseng yang bagus untuk membantu meningkatkan stamina dan kesehatan tubuh.

Nutrafor Gold Coffee merupakan multivitamin berbentuk kopi yang diformulasikan secara khusus dengan kandungan 10 vitamin, 6 mineral, asam folat, kalsium, omega 3, dan ginseng. dok. Nutrafor Gold Coffee Nutrafor Gold Coffee merupakan multivitamin berbentuk kopi yang diformulasikan secara khusus dengan kandungan 10 vitamin, 6 mineral, asam folat, kalsium, omega 3, dan ginseng.

Nutrafor Gold Coffee hadir dalam dua varian rasa, yaitu Original dan Creamy. Setiap sajian Nutrafor Gold Coffee mengandung sekitar 90–100 mg kafein. Kandungan ini membuat Nutrafor Gold Coffee aman di lambung serta bisa membuat Anda melek dan berkonsentrasi.

Nutrafor Gold Coffee juga dapat dinikmati oleh Anda yang sedang menjalankan diet karena rendah kalori dan gula. Adapun kandungan kalori pada Nutrafor Gold Coffee sebesar 80 kkal dengan 5-6 gr gula per sajian.

Produk suplemen kopi itu dapat diminum dua kali sehari oleh laki-laki dan perempuan. Untuk menikmatinya, Nutrafor Gold Coffee dapat diseduh seperti kopi pada umumnya serta dapat disajikan dengan air panas ataupun dingin sesuai selera.

Nutrafor Gold Coffee merupakan multivitamin berbentuk kopi yang diformulasikan secara khusus dengan kandungan 10 vitamin, 6 mineral, asam folat, kalsium, omega 3, dan ginseng. dok. Nutrafor Gold Coffee Nutrafor Gold Coffee merupakan multivitamin berbentuk kopi yang diformulasikan secara khusus dengan kandungan 10 vitamin, 6 mineral, asam folat, kalsium, omega 3, dan ginseng.

Bila ingin dikonsumsi dalam kondisi panas, pastikan tidak menyeduhnya dengan air mendidih agar tidak merusak kandungan multivitamin dan mineral di dalamnya. Cukup seduh dengan air bersuhu sekitar 70-80 derajat Celsius.

Itulah kelebihan dari Nutrafor Gold Coffee. Dengan mengonsumsinya, Anda dapat melengkapi kebutuhan multivitamin tubuh, memperoleh manfaat khas kopi yang bikin melek plus konsentrasi, serta membuat stamina dan kesehatan tubuh terjaga.

Untuk mendapatkan produk Nutrafor Gold Coffee, Anda dapat mengunjungi apotek, toko obat, supermarket, dan online store kesayangan Anda. Bisa juga membelinya dengan mengunjungi tautan berikut.

Yuk, nikmati secangkir Nutrafor Gold Coffee, untuk badan sehat dan penuh semangat!


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com