Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menurunkan Berat Badan yang Aman Tanpa Menghindari Nasi

Kompas.com - 26/01/2024, 06:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Sebagian orang dengan berat badan berlebih berusaha melakukan diet, salah satunya dengan menghindari nasi.

Namun rupanya, menurunkan berat badan yang aman, tak melulu harus menghindari konsumsi nasi putih.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara menurunkan berat badan yang aman, simak penjelasan ahli berikut.

Baca juga: 7 Manfaat Olahraga 15 Menit, Termasuk Menurunkan Berat Badan

Bagaimana cara menurunkan berat badan yang aman?

Dokter spesialis gizi dr. Steffi Sonia M.Gizi Sp.GK (K) mengatakan seseorang yang ingin melakukan diet tidak harus mengurangi atau bahkan tidak makan nasi.

Menurut dokter yang berpraktik di RS Cipto Mangunkusumo tersebut, cara menurunkan berat badan yang aman bisa diupayakan dengan mengatur porsi makan yang seimbang, misalnya jumlah nasi setara dengan sayur.

"Sarannya kalau mau menjaga kesehatan sesuai dengan Piring Makanku yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan itu sudah jelas dari rasio satu piring sebenarnya antara nasi sama sayur minimal setara dan sama banyaknya," kata Steffi, dikutip dari Antara, Kamis (25/1/2024).

Cara menurunkan berat badan selanjutnya yaitu tidakterkecoh dengan porsi makan  yang terlihat sedikit namun ternyata kalori yang dikandungnya sangat padat.

Steffi memberi contoh yaitu saat makan gorengan. Meskipun hanya satu potong, gorengan tersebut mengandung minyak yang merupakan lemak dengan kalori tinggi.

Selain gorengan contoh lain adalah jika menyantap camilan kue kering terutama yang berbahan dasar mentega atau margarin juga terkandung banyak kalori meskipun ukuran potongnya kecil.

Apabila seseorang tidak mengontrol jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang mereka konsumsi, maka akan terjadi penumpukan lemak yang mengakibatkan kenaikan berat badan serta memicu obesitas.

"Nggak cuma cemilan, nasi putih dengan nasi goreng secara teori nasi goreng kalorinya lebih tinggi," tambah Steffi.

Baca juga: 11 Manfaat Minum Teh Tanpa Gula, Termasuk Menurunkan Berat Badan

Lebih lanjut, dokter Steffi menganjurkan individu yang ingin menambah makanan tinggi serat bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah atau nasi cokelat. Namun, tetap harus menjaga porsi makan yang seimbang dengan konsumsi sayur.

Sama halnya dengan nasi, konsumsi sumber karbohidrat alternatif, seperti kentang, ubi, dan singkong juga perlu dibatasi.
Perbandingannya sama seperti nasi dan sayur yang seimbang sehingga bisa bikin kenyang lebih lama.

Selain mengatur porsi makan yang seimbang, Anda juga perlu melakukan aktivitas fisik rutin yang membakar kalori, seperti olahraga.

Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui cara menurunkan berat badan yang aman sesuai kondisi tubuh masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com