Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kandungan dalam Lidah Buaya yang Bikin Rambut Sehat

Kompas.com - 24/04/2024, 10:30 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber WebMD

KOMPAS.com - Tanaman lidah buaya (aloe vera) menjadi salah satu bahan skincare yang efektif untuk mendinginkan kulit setelah terpapar sinar matahari. Tanaman ini juga banyak dipakai untuk perawatan rambut.

Manusia sudah memanfaatkan tanaman lidah buaya ribuan tahun lalu, yaitu sekitar 1750 SM. Diperkirakan ada lebih dari 450 spesies aloe vera di seluruh dunia.

Tanaman ini dikenal manfaatnya untuk mengatasi masalah kulit seperti luka, jerawat, atau terbakar. Selain itu, daging aloe vera juga bisa diolah menjadi makanan dan minuman yang berkhasiat.

Tradisi kecantikan di Indonesia sebenarnya juga telah memanfaatkan lidah buaya untuk perawatan rambut. Beberapa manfaat tanaman ini antara lain:

Baca juga: Apakah Lidah Buaya Bisa Mengatasi Uban? Berikut Penjelasannya…

- Menguatkan rambut
Aloe vera memiliki berbagai zat aktif dan mineral yang berguna untuk menguatkan rambut. Tanaman ini mengandung asam lemak dan asam amino, serta kaya akan vitamin A, B12, C, dan E. Nutrisi tersebut diketahui berperan dalam kesehatan rambut.

- Mengontrol minyak di rambut
Kandungan enzim dalam aloe vera bisa memecah lemak sehingga mengurangi minyak ekstra di kulit kepala.

- Mengurangi gatal
Salah satu penyebab gatal di kulit kepala adalah dermatitis seboroik yang terjadi karena peradangan kulit. Peradangan ini juga bisa menyebabkan ketombe, kulit merah, dan juga kulit kepala gatal.

Penelitian menunjukkan aloe vera secara signifikan mengurangi rasa gatal di kulit kepala akibat iritasi.

- Melindungi dari sinar matahari
Menurut salah satu studi, cairan lidah buaya yang segar bisa melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. Paparan sinar matahari bisa membuat rambut kehilangan warna dan kilaunya, serta membuatnya jadi kasar dan kurang elastis.

Baca juga: 5 Akibat Kutu Rambut untuk Kesehatan dan Cara Menghilangkannya

- Pertumbuhan rambut
Sebagian orang menyebut lidah buaya membantu menumbuhkan rambut. Namun, tidak ada bukti ilmiahnya. Walau begitu, kandungan aloenin yang ada dalam tanaman, berperan dalam merangsang pertumbuhan rambut.

Tips memakai lidah buaya
Di pasaran tersedia beragam produk perawatan rambut yang mengandung aloe vera. Namun, pastikan untuk memilih produk dengan kandungan 100 persen aloe vera.

Kita juga bisa mengekstrak gel dari batang lidah buaya sendiri. Sayangnya, gel segar biasanya tidak bertahan lama sehingga kita perlu memotong daun aloe vera setiap akan menggunakannya.

Gel lidah buaya bisa dipakai langsung ke kulit kepala dan rambut sambil dipijat perlahan. Untuk mengunci kelembabannya, tambahkan beberapa tetes minyak kastor, lalu diamkan selama 30 menit sebelum keramas.

Baca juga: Waspadai Efek Formalin dalam Produk Pelurus Rambut

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com