Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Pyridam Farma Distribusikan Obat Osteoporosis dari EffRx Pharmaceuticals Swiss

Kompas.com - 10/05/2024, 13:21 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com – Perusahaan farmasi asal Swiss yang berfokus pada pengembangan dan pemasaran obat muskuloskeletal dan penyakit langka, EffRx Pharmaceuticals SA, menandatangani Perjanjian Lisensi dan Distribusi secara eksklusif untuk obat osteoporosis Binosto® di Indonesia dengan Pyridam Farma, Kamis (2/5/2024).

Binosto® merupakan alendronate yang larut dalam buffer. Obat ini diindikasikan untuk pengobatan osteoporosis pada wanita pascamenopause dan telah dipasarkan di Eropa, Amerika Serikat (AS), Timur Tengah, dan Asia.

Dengan Binosto, harapan akan risiko patah tulang bagi wanita pascamenopause bisa berkurang signifikan.

Sebagai informasi, Binosto® dikaitkan dengan frekuensi efek samping gastrointestinal bagian atas yang lebih rendah dan menunjukkan persistensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan kasus yang dilaporkan dengan tablet alendronate.

Baca juga: Pyridam Farma Akuisisi Perusahaan Farmasi Asal Australia

Direktur Pyridam Farma dr Widjanarko Brotosaputro mengatakan bahwa pihaknya bangga dapat berkolaborasi dengan EffRx Pharmaceuticals dan sangat menantikan dampak positif terhadap aksesibilitas layanan kesehatan di Indonesia.

“Kami percaya, kolaborasi ini mempunyai potensi untuk secara signifikan meningkatkan akses layanan kesehatan bagi pasien osteoporosis dan memberikan solusi inovatif pada sistem layanan kesehatan nasional. Bersama-sama, kami berkomitmen untuk mendorong perubahan positif dan meningkatkan kesehatan pasien di Indonesia,” tambahnya dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (10/5/2024).

Ia menjelaskan bahwa Binosto® dalam bentuk tablet effervescent alendronate 70 mg adalah yang pertama dan satu-satunya alendronat effervescent dengan larutan penyangga—larutan yang pH-nya tidak berubah secara signifikan pada pengenceran atau jika ditambahkan asam atau basa pada suhu konstan—untuk pengobatan osteoporosis dan tulang pascamenopause.

Tak hanya wanita, obat ini bisa meningkatkan massa tulang bagi pria.

Baca juga: Pyridam Farma Resmi Akuisisi PT Ethica Industri Farmasi

CEO EffRx, Lorenzo Bosisio, mengatakan bahwa pihaknya senang mengumumkan kemitraan dengan Pyridam Farma untuk lebih memperluas jejak Binosto®.

“Pyridam Farma adalah perusahaan layanan kesehatan dinamis dan diakui di pasar Indonesia, sehingga mewakili mitra pilihan bagi perusahaan kami. Komitmen Pyridam terhadap pasien untuk menjalani hidup yang lebih sehat sejalan dengan janji Binosto® untuk meringankan beban osteoporosis bagi perempuan Indonesia,” jelasnya.

Berdasarkan ketentuan perjanjian, EffRx ke depannya akan memberikan Pyridam Farma lisensi eksklusif untuk memasarkan dan menyediakan produk Binosto® di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com