Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Langkah Mengatasi Kelelahan akibat "Multiple Sclerosis"

Kompas.com - 15/08/2016, 10:03 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Multiple sclerosis (MS) atau disebut juga dengan sklerosis multipel (ganda) adalah kelainan akibat sistem kekebalan tubuh yang menyerang selaput pelindung saraf atau mielin dalam otak dan saraf tulang belakang.

Di antara beberapa gejala MS seperti penglihatan kabur atau penglihatan ganda, gangguan koordinasi gerak, hilang keseimbangan, mati rasa, kesemutan, tangan dan kaki lemas, kelelahan adalah gejala yang muncul paling konsisten, kata ahli syaraf, Jeffrey Cohen, MD, direktur Cleveland Clinic's Mellen Center for Multiple Sclerosis Treatment and Research di Ohio.

Meskipun kelelahan akibat MS dapat membuat frustasi, ada hal yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan atau setidaknya mengelolanya. Istirahat mungkin tidak menghilangkan kelelahan, tapi itu pasti membantu menguranginya.

Akan sangat membantu jika Anda berpikir bahwa energi adalah seperti uang di Bank: Anda harus membuat anggaran berapa banyak energi yang bisa Anda habiskan untuk setiap aktivitas, demi menghindari penghamburan energi yang tidak perlu. Berikut adalah tip untuk memastikan penggunaan energi Anda berlangsung efektif:


1. Bekerja sama dengan jasa penyedia layanan kesehatan.

Pengobatan yang tepat akan membantu kendali kelelahan. Buat janji secara teratur dengan dokter Anda agar MS Anda tetap terkontrol.


2. Hindari eksposur panas.

Panas akan menguras energi seseorang dengan MS. Dalam beberapa kasus, jika Anda tidak lagi tahan terhadap hawa panas, Anda harus mempertimbangkan pindah ke daerah yang beriklim lebih dingin.


3. Merawat diri sendiri.

"Pola makan yang sehat dan olahraga teratur dapat benar-benar membantu mengatasi kelelahan," jelas Cohen.

"Jika Anda kelebihan berat badan, semua yang Anda lakukan membutuhkan lebih banyak energi."


4. Gabungkan latihan dengan kesadaran.

Olahraga yang mengikutsertakan metode meditasi seperti Tai Chi dan Yoga, telah terbukti membantu mengelola kelelahan karena MS.


5. Beristirahat.

Upayakan untuk mengambil waktu beristirahat di siang hari. Ini akan membantu Anda memastikan bahwa Anda memiliki cukup  energi sampai menjelang malam.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com