Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beda dengan Flu, Begini Cara Mengatasi dan Mencegah Cold

KOMPAS.com - Saat musim hujan tiba, kita rentan sekali mengalami sakit tenggrokan, pilek, dan batuk.

Kumpulan gejala tersebut dikenal dengan istilah cold dalam dunia medis. Cold dan flu adalah dua hal yang berbeda meski memiliki gejala yang sama.

Biasanya, gejala flu lebih parah daripada cold. Gejala flu bisa berupa demam atau merasa demam/menggigil, batuk, sakit tenggorokan, pilek atau hidung tersumbat, nyeri otot atau tubuh, sakit kepala, dan kelelahan (kelelahan).

Sementara itu, gejala yang ditimbulkan oleh cold hanya berupa batuk, sakit tenggorokan, hidung berair atau tersumbat.

Meski demikian, cold menular dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Bagaimana mengatasi cold?

Cold terjadi karena infeksi virus. Jadi, mengonsumsi antibiotik tidak akan efektif untuk mengatasinya.

Anda bisa mencoba obat-obatan seperti ekongestan, asetaminofen, dan NSAID, untuk meredakan hidung tersumbat dan beberapa gejala lainnya.

Obat-obatan tersebut bisa Anda dapatkan tanpa resep khusus. Selain itu, Anda juga perlu minum banyak cairan untuk menghindari dehidrasi.

Beberapa orang menggunakan pengobatan alami, seperti seng, vitamin C, atau echinacea, untuk mencegah atau meredakan gejala cold.

Sebuah studi tahun 2015 di BMC Family Practice menemukan bahwa tablet hisap seng dosis tinggi (80 miligram) dapat mempersingkat durasi cold jika diminum dalam waktu 24 jam setelah menunjukkan gejala.

Vitamin C memang kurang efektif mencegah cold. Tetapi jika Anda meminumnya secara konsisten, vitamin C dapat mengurangi gejala.

Cold biasanya hilang dalam 7 hingga 10 hari. Jika lebih dari 10 hari gejala tidak menghilang, segera periksakan diri ke dokter. Karena, kondisi tersebut bisa saja telah berkembang menjadi influenza serius.

Batuk yang mengganggu juga bisa menjadi tanda asma atau bronkitis.

Cara mencegah

Mencegah memang selalu lebih baik daripada mengobati. Untuk mencegah cold, Anda bisa melakukan cara berikut:

1. Hindari orang yang memiliki gejala

Karena cold mudah menular, sebaiknya Anda menghindari kontak langsung dengan orang yang memiliki gejala.

Selain itu, hindari menggunakan peralatan makan atau barang pribadi bersamaan. Jika Anda sedang tidak enak badan, sebaiknya hindari aktivitas di luar rumah.

2. Jaga kebersihan

Sering-seringlah mencuci tangan dengan air panas dan sabun untuk menghilangkan kuman yang mungkin Anda bawa di siang hari atau gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol.

Jauhkan tangan Anda dari hidung, mata, dan mulut saat belum dicuci. Menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin. Selalu cuci tangan Anda setelahnya.

https://health.kompas.com/read/2022/03/01/060000168/beda-dengan-flu-begini-cara-mengatasi-dan-mencegah-cold

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke