Kompas.com - 02/08/2013, 10:32 WIB
EditorAsep Candra


KOMPAS.com —
Mengonsumsi makanan tidak sehat dalam jumlah besar dan berkalori tinggi dapat menyebabkan berat badan bertambah dan gangguan kesehatan.

Namun, temuan terbaru para ahli dari Loyola University menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan sehat dalam jumlah besar pun berpotensi menghambat program penurunan berat badan dan memicu kegemukan.

Brooke Schantz, RD, CSSD, seorang pakar ahli diet di Loyola University Medical Center, melihat bahwa banyak pasiennya yang terkejut saat mereka memperbanyak konsumsi biji-bijian dan buah-buahan cenderung mengalami kendala dalam usaha penurunan berat badan.

“Sebenarnya bukan teori yang rumit. Ketika tubuh mengasup terlalu banyak sumber energi dari yang dibutuhkan maka ada kecenderungan berat badan bertambah. Bahkan, ketika yang dikonsumsi adalah makanan sehat sekali pun,” ungkap Schantz.

“Anda perlu memperhatikan asupan kalori harian dan mulai menahan diri dari makan berlebihan,” tambah Schantz, seperti dikutip Bodybuilding.

Kecenderungan seseorang memberi diri mereka kebebasan mengonsumsi makanan sehat secara berlebihan adalah awal dari sulitnya mengendalikan berat badan.

Apalagi jika dalam kemasan makanan yang dikonsumsi dituliskan “rendah lemak” atau “bebas lemak”, maka tanpa perlu berpikir panjang mereka akan mengonsumsinya dalam jumlah besar.

2-4 porsi buah per hari

Kebanyakan orang mengonsumsi lebih banyak makanan daripada apa yang dianjurkan oleh para ahli kesehatan. Anda pasti pernah mendengar anjuran agar memperbanyak konsumsi buah dan sayuran jika ingin menurunkan berat badan. Namun, yang menjadi permasalahan adalah ketika anjuran ini datang maka seseorang akan lebih permisif dan mengonsumsinya lebih banyak dari yang dianjurkan.

Melihat kondisi ini, US Department of Agriculture (USDA) mengeluarkan rekomendasi asupan buah sebanyak 2-4 porsi buah sehari untuk membantu mendapatkan berat badan ideal sekaligus mendapatkan manfaat sehat mengonsumsi buah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.