Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1 dari 5 Wanita Ingin Cepat Langsing Setelah Melahirkan

Kompas.com - 03/08/2013, 12:48 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber Dailymail

Kompas.com - Penambahan berat badan selama kehamilan adalah hal yang normal. Setelah melahirkan, biasanya secara perlahan berat badan dapat kembali ke berat normal sebelum hamil.

Meski begitu, sekitar 1 dari 5 wanita mengatakan mereka merasa tertekan dan tidak puas dengan bentuk tubuhnya pasca melahirkan dan ingin segera langsing.

Alasan utama mereka untuk cepat kembali langsing adalah karena suami tidak suka dengan penampilan setelah melahirkan.

Sebuah survei juga menyebutkan mayoritas wanita yang baru melahirkan merasa emosinya tidak stabil, stres, dan merasa ada tuntutan untuk tampil menarik seperti sebelum hamil.

Psikolog menyebutkan perasaan tersebut seharusnya dihilangkan. Karena itulah media dan juga orang di sekitar ibu, terutama suami, seharusnya tidak menuntut terlalu tinggi.

Selain dari suami, tekanan dari media, misalnya lewat pemberitaan mengenai pesohor yang kembali langsing setelah melahirkan, ternyata membuat para ibu merasa tertekan karena mereka tidak bisa langsing secepat itu.

"Tekanan untuk cepat langsing kembali sebenarnya tidak perlu, karena setelah melahirkan seorang wanita harus menghadapi perubahan tubuh dan emosional karena faktor hormonal," kata Kathryn Gutteride, konsultan kebidanan.

Ia juga menjelaskan, seorang wanita membutuhkan waktu 9 bulan untuk menumbuhkan janin yang siap dilahirkan. Waktu itu pula yang diperlukan bagi seorang wanita untuk kembali ke bentuk badan semula.

Survei yang dilakukan terhadap 793 ibu hamil itu juga mengungkapkan 12 persen responden tidak memahami mengapa setelah melahirkan perut tidak langsung "kempes", seperti yang tampak pada Kate Middleton.

Selama kehamilan, otot dinding perut dan rahim harus meregang cukup banyak seiring dengan pertumbuhan bayi. Karena itulah perut tidak bisa langsung kempes setelah bayi dilahirkan.

Kebanyakan wanita perlu waktu lebih dari tiga bulan untuk mendapatkan perut seperti sebelum hamil. Namun sebenarnya diperlukan waktu sekitar 6 bulan bagi seorang wanita untuk kembali ke bentuk tubuh semula.

Kekhawatiran terbesar seorang wanita terhadap tubuh mereka ternyata adalah stretchmark (garis-garis di kulit perut), diikuti dengan kenaikan berat badan, dan ukuran payudara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com