Kompas.com - 03/08/2013, 12:48 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Penambahan berat badan selama kehamilan adalah hal yang normal. Setelah melahirkan, biasanya secara perlahan berat badan dapat kembali ke berat normal sebelum hamil.

Meski begitu, sekitar 1 dari 5 wanita mengatakan mereka merasa tertekan dan tidak puas dengan bentuk tubuhnya pasca melahirkan dan ingin segera langsing.

Alasan utama mereka untuk cepat kembali langsing adalah karena suami tidak suka dengan penampilan setelah melahirkan.

Sebuah survei juga menyebutkan mayoritas wanita yang baru melahirkan merasa emosinya tidak stabil, stres, dan merasa ada tuntutan untuk tampil menarik seperti sebelum hamil.

Psikolog menyebutkan perasaan tersebut seharusnya dihilangkan. Karena itulah media dan juga orang di sekitar ibu, terutama suami, seharusnya tidak menuntut terlalu tinggi.

Selain dari suami, tekanan dari media, misalnya lewat pemberitaan mengenai pesohor yang kembali langsing setelah melahirkan, ternyata membuat para ibu merasa tertekan karena mereka tidak bisa langsing secepat itu.

"Tekanan untuk cepat langsing kembali sebenarnya tidak perlu, karena setelah melahirkan seorang wanita harus menghadapi perubahan tubuh dan emosional karena faktor hormonal," kata Kathryn Gutteride, konsultan kebidanan.

Ia juga menjelaskan, seorang wanita membutuhkan waktu 9 bulan untuk menumbuhkan janin yang siap dilahirkan. Waktu itu pula yang diperlukan bagi seorang wanita untuk kembali ke bentuk badan semula.

Survei yang dilakukan terhadap 793 ibu hamil itu juga mengungkapkan 12 persen responden tidak memahami mengapa setelah melahirkan perut tidak langsung "kempes", seperti yang tampak pada Kate Middleton.

Selama kehamilan, otot dinding perut dan rahim harus meregang cukup banyak seiring dengan pertumbuhan bayi. Karena itulah perut tidak bisa langsung kempes setelah bayi dilahirkan.

Kebanyakan wanita perlu waktu lebih dari tiga bulan untuk mendapatkan perut seperti sebelum hamil. Namun sebenarnya diperlukan waktu sekitar 6 bulan bagi seorang wanita untuk kembali ke bentuk tubuh semula.

Kekhawatiran terbesar seorang wanita terhadap tubuh mereka ternyata adalah stretchmark (garis-garis di kulit perut), diikuti dengan kenaikan berat badan, dan ukuran payudara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.