Kompas.com - 21/07/2014, 19:48 WIB
ilustrasi SHUTTERSTOCKilustrasi
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Banyak yang mengatakan, "gairah seks pria nggak ada matinya." Tetapi, kehidupan seksual yang prima ternyata hanya terjadi saat seorang pria berusia antara rentang usia 25-29 tahun. Masa kejayaan ini disebut juga dengan sexual prime age.

Ketika seseorang sedang berada di periode sexual prime age, umumnya mereka bercinta paling sering. Frekuensi seseorang menikmati seks akan berkurang hingga setengahnya saat berusia 50 tahun, menjadi hanya sekitar 1,22 kali perminggu. Bandingkan dengan pria yang berusia akhir 20-an yang rata-rata bercinta tiga kali seminggu.

Walau sudah melewati titik puncak, tapi bukan berarti di atas usia 30 tahun kita harus membiarkan hasrat dan kepuasan seksual menurun.

"Untuk memiliki kualitas hubungan seks yang prima, sebenarnya bukan dipengaruhi oleh faktor usia saja. Tapi juga faktor fisik dan mental, dan tak kalah penting adalah kekuatan hubungan dengan pasangan," kata J.Stephen Jones, ahli urologi dari Cleveland Clinic.

Namun, Jones tak memungkiri bahwa orang yang berusia di atas 30 tahun kondisi fisik cenderung menurun. Di usia ini juga mereka umumnya sudah mapan sehingga kerap kegemukan dan stres meningkat. Kondisi tersebut jelas berpengaruh pada gairah seksual, apalagi jika hubungan dengan pasangan sudah cenderung datar.

Agar aktivitas di ranjang tetap panas meski usia terus bertambah, tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan semua organ-organ penting bekerja optimal.

Untuk menjaga agar ereksi sekuat pria berusia 20-an tahun, miliki pola hidup yang sehat. Jaga berat badan tetap normal dan berhentilah merokok.

"Makin lebar lingkar pinggang pria, makin besar risikonya mengalami gangguan ereksi," kata Jones.

Hindari stres berkepanjangan dengan memiliki waktu rileksasi. Selain itu pelajari apa saja yang tidak disukai pasangan dan jika ada masalah, upayakan untuk segera menyelesaikannya. Hubungan batin yang kuat merupakan fondasi kemesraan suami istri.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Menshealth
Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Rahim Turun
Rahim Turun
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.