Kompas.com - 12/03/2015, 16:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna


JAKATA, KOMPAS.com – Kanker payudara merupakan salah satu kanker yang paling ditakuti para wanita. Bagaimana tidak, kanker ini membuat banyak wanita harus kehilangan payudaranya. Operasi pengangkatan payudara atau masektomi sejauh ini memang menjadi langkah utama untuk mengobati pasien stadium lanjut.

Namun, tak semua kasus kanker payudara harus diatasi dengan operasi pengangkatan payudara. Dokter spesialis bedah onkologi dari Rumah Sakit Kanker Dharmais Walta Gautama mengatakan, jika kanker diketahui sejak dini, ada kemungkinan tak perlu operasi pengangkatan payudara.

“Tidak melulu pasien kanker payudara harus kehilangan payudara. Kalau tumor masih kecil, masih ada harapan enggak perlu angkat,” kata Walta di Jakarta, Rabu (11/3/2015).

Walta mengatakan, ada beberapa ketentuan yang perlu dipertimbangkan untuk memutuskan payudara harus diangkat atau tidak. Operasi pengangkatan payudara bisa tidak dilakukan jika ukuran tumor tidak lebih dari 3-4 cm, tumor tidak dekat puting, dan hanya satu kanker yang ganas. Selain itu, harus dilakukan radiasi.

Sayangnya, banyak pasien kanker payudara yang datang terlambat ke dokter. Kasus yang banyak terjadi yaitu, sel kanker telah menyebar dan khawatir menyebar ke organ tubuh lain jika payudara tidak segera diangkat.

Menurut Walta, jumlah pasien kanker payudara hingga saat ini belum mengalami penurunan dan masih banyak yang datang terlambat.

“Enggak tahu pasti apakah karena pola hidup atau karena apa, sekarang saya banyak menemui pasien yang terkena kanker di payudara kiri dan kanannya,” kata Walta.

Untuk itu, deteksi dini kanker payudara sangat penting dilakukan para wanita di seluruh Indonesia. Tingkat kesembuhan akan semakin tinggi jika diketahui sejak dini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.