Kompas.com - 22/09/2015, 10:45 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Gerakan yang lambat dan mengalir dari tai chi, sebuah olahraga kuno dari China, telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi orang lanjut usia dengan penyakit kronik.

Secara spesifik, mereka yang menderita kanker payudara, gagal jantung, osteoartritis, dan juga penyakit paru obstruktif kronik, mengalami peningkatan dalam kekuatan, keseimbanga dan postur tubuh. Manfaat nyata yang dirasakan adalah rasa nyeri berukurang dan pernapasan lebih lancar.

"Jika Anda sudah tua dan memiliki satu dari penyakit tersebut, tai chi dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan level kebugaran," kata peneliti senior Darlene Reid, profesor dan kepala departemen terapi fisik di Universitas of Toronto, Kanada.

Tai chi adalah rangkaian gerakan yang lembut dan mengalir. Meski terlihat lembut, tapi jika dilakukan teratur olahraga ini akan meningkatkan kekuatan otot, keseimbangan, postur, dan kelenturan.

Lebih dari itu, menurut Reid, tai chi memiliki manfaat pada aspek mental. "Banyak jenis tai chi yang punya komponen spiritual kuat. Karena itu ini berbeda dengan olahraga lainnya," ujarnya.

Kelebihan lain dari olahraga ini adalah bisa dilakukan dalam berbagai bentuk, bisa bersama-sama atau sendirian, dan tidak membutuhkan alat apa pun. Beberapa komunitas juga menggratiskan olahraga ini.

"Tai chi adalah gerakan yang lembut dan ritmis dan sudah dikembangkan sejak ribuan tahun, termasuk gerakan yanag diperlukan untuk menguatkan kelompok otot," katanya.

Bagi mereka yang menderita radang sendi (osteoartritis), gerakan-gerakan tai chi dapat mengurangi rasa nyeri dan kekakuan sendi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber WEBMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.