Kompas.com - 22/09/2015, 18:17 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com –  Chronic Myeloid Leukimia (CML) atau Leukimia Granulositik Kronis (LGK) termasuk jenis kanker darah yang jarang ditemui pada seseorang. Kanker ini pun tidak memunculkan gejala yang khas pada penderitanya.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam-Konsultan Hematologi Onkologi Medik Hilman Tadjoedin mengungkapkan, gejalanya antara lain demam, berkeringat malam hari, perut terasa begah atau penuh, tidak napsu makan, dan berat badan turun tanpa alasan yang jelas. Untuk itu perlu pemeriksaan darah lebih lanjut jika muncul gejala tersebut.

“Jika ada yang datang dengan keluhan gejala umum kita ambil periksa darah. Jika ternyata darah putih meningkat, kita periksa yang lebih spesifik, melakukan pemeriksaan darah tepi, ambil sampel sumsum tulang dan pemeriksaan molekuler,” jelas Hilman seusai diskusi mengenai CML di Jakarta, Selasa (22/9/2015

Menurut Hilman, melakukan diagnosis kanker darah CML memang tidak mudah. Harus dilakukan pemeriksaan darah secara lebih spesifik, misalnya melihat ada atau tidaknya sel muda ketika mengambil sel darah tepi. Indikasi CML salah satunya ditemukan sel muda saat pengambilan sel darah tepi.

“Sel muda seharusnya enggak ada di sel darah tepi, tetapi hanya bisa ditemukan di sumsum tulang,” jelas Hilman.

Jika tidak dilakukan pemeriksaan darah secara spesifik, CML sulit terdiagnosis. Terkadang terjadi salah diagnosis jika hanya melihat adanya peningkatan sel darah putih, seperti dikira infeksi biasa atau TBC. Orang yang menderita CML juga bisa mengalami komplikasi penyakit karena daya tahan tubuh yang lemah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.