Kompas.com - 20/11/2015, 12:47 WIB
|
EditorLatief

KOMPAS.comDiabetes merupakan salah satu isu kesehatan utama Tanah Air. Menurut Internasional Diabetes Federation pada 2014, diperkirakan 9,1 juta orang Indonesia hidup dengan diabetes. Apakah keluarga Anda salah satunya?

Saat salah seorang keluarga Anda didiagnosis diabetes, gaya hidupnya otomatis berubah untuk menjaga kadar gula darah di dalam tubuh. Ini jelas berbeda dengan gaya hidup keluarga lain yang tidak diabetes.

Lalu bagaimana mengatasinya? Berikut tiga hal yang bisa menjadi patokan Anda:

Tumbuhkan Empati

Pahami pola hidup seorang diabetesi (penderita diabetes) dan bangun empati seluruh keluarga. Hindari menempatkan mereka di posisi yang berbeda.

Misal, daripada menanak nasi putih dan nasi merah saat makan malam, alih-alih Anda bisa memasak nasi merah untuk sekeluarga. Sediakan juga jenis makanan dengan bahan dan bumbu yang aman untuk diabetesi.

Dengan demikian, diabetesi tidak merasa sendirian. Bonusnya, Anda juga dapat menikmati makanan sehat dan risiko diabetes pun menurun.

Ciptakan Kebiasaan Baru

Salah satu hal yang dianjurkan dilakukan oleh diabetesi adalah memperbanyak aktivitas fisik. Kalau sebelumnya akhir pekan digunakan untuk bersantai menonton TV sambil menikmati kudapan, coba ubah kebiasaan menjadi aktivitas luar ruangan.

Pilih kegiatan yang dapat dinikmati bersama. Sekadar jalan santai atau olahraga ringan lainnya di pagi hari akan memberikan dampak positif.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Flu Tulang
Flu Tulang
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.