Kompas.com - 17/12/2015, 17:10 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Ada banyak faktor di sekitar kita yang dapat memicu kanker, mulai dari pola makan, paparan sinar matahari, rokok, dan juga penyakit. Hampir 90 persen penyebab kanker sebenarnya bisa dicegah.

"Kebiasaan sehat seperti tidak merokok, menjaga berat badan, memiliki pola makan yang sehat, adalah jaminan untuk menghindar dari kanker. Gaya hidup sehat ini secara dramatis menurunkan risiko terkena penyakit," kata Smith dari Cancer Research UK.

Para ilmuwan memang terbagi dalam dua pendapat mengenai penyebab kanker. Satu pendapat mengatakan kanker tidak bisa dicegah.

Beberapa waktu yang lalu muncul hasil penelitian yang menyebutkan bahwa kanker terjadi karena ada error dalam DNA dan ini terjadi secara acak ketika usia menua.

Para peneliti dalam studi tersebut mengatakan kebanyakan kasus kanker adalah "takdir yang buruk", bukan karena akibat gaya hidup tak sehat.

Studi terakhir yang melibatkan empat analisa penyebab kanker justru menyimpulkan sebaliknya.

Menurut Yusuf Hannun dari Stony Brook University, meski ada faktor keberuntungan, tetapi banyak faktor di sekitar kita yang berperan besar.

Faktor tersebut antara lain pola makan, konsumsi alkohol, rokok, paparan sinar matahari, beberapa virus, polusi, dan faktor lain yang belum bisa diiidentifikasi.

Sementara itu, gen yang diwariskan dari orangtua perannya sangat kecil dalam terjadinya kanker.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.