Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2016, 19:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kehadiran gadget yang bisa mendukung gaya hidup sehat kini semakin banyak di pasaran. Mulai dari aplikasi untuk menghitung kalori, hingga jam tangan pintar untuk mendampingi kita menjalankan latihan kebugaran.

 Yang terbaru adalah jam tangan pintar dari Runtastic,  sebuah perusahaan inovasi teknologi asal Austria. Runtastic meluncurkan meluncurkan Runtastic Orbit dan Runtastic Moment di Jakarta (20/1). Kedua produk tersebut merupakan jam tangan pintar  yang dilengkapi dengan fitur dan fungsi fitness tracker atau pemantau kesehatan.

Menurut penjelasan Ady Yanto, Product Manager PT. Achieva Technology, jam tangan pintar tersebut akan bekerja sebagai fitness tracker setelah disinkronkan dengan aplikasi Runtastic Me yang dinstal di smartphone.  Aplikasi tersebut bisa dipasang disemua jenis ponsel pintar mulai dari Android, IOS hingga Windows.

Fungsi dari jam tangan ini antara lain  memantau dan mencatat jumlah langkah penggunanya dalam sehari, menit aktif bergerak, kualitas tidur, jumlah kalori yang terbakar, detak jantung, alarm dan jumlah jarak yang penggunanya tempuh dalam sehari.

Selain itu, jika kita tak aktif bergerak, jam tangan ini akan bergetar dan memberi peringatan.  “Kelebihan lain dari jam pintar ini adalah  disainnya yang lebih bergaya. Di pasaran juga belum ada kompetitor lain yang menawarkan tracker yang menggunakan jam analog,” kata Ady.

 Jam pintar tipe Runtastic Moment  dapat menggunakan baterai jam tangan biasa dan tahan hingga 6 bulan. Di samping itu, pengguna bisa mengganti baterainya di tempat servis jam

 
“Sedangkan kelebihan Orbit adalah strapnya tidak akan menimbulkan iritasi karena ini medical grade. produk lain ada yang bermasalah dengan strapnya,” jelasnya.

 Ady mengakui jam pintar ini tidak memiliki keakuratan sampai 100 persen, namun selisihnya sangat kecil. “Tapi akurasinya lebih besar dibanding produk sejenis lainnya. Ada produk yang menghitung ayunan tangan kita sebagai langkah,” katanya.

 Kedua produk tersebut, lanjut Ady, dijual melalui berbagai situs e-commerce dengan harga mulai dari Rp 1,6 juta hingga Rp 2,8 juta.   (Gibran Maulana)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com