Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2016, 16:10 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah penelitian di Inggris yang dilakukan oleh Escentual.com menemukan, bahwa ada beberapa wanita yang terus menyimpan alat make-up mereka selama enam tahun setelah tanggal kedaluwarsa dan 70 persen wanita tidak pernah membersihkan kuas make-up mereka.

Tahukah Anda, seberapa berkumannya mereka? Jika Anda tahu, niscaya rasa sayang itu akan hilang dan Anda tak lagi enggan melemparkan make-up itu ke dalam keranjang sampah.

 

Alas bedak/ Concealer
Nilai: Cukup berkuman

Alas bedak cair dan concealer, sebaiknya dibuang setelah berusia satu tahun. Mathew Nigara, make-up artis selebriti terkenal menjelaskan, bahwa alas bedak harus diganti ketika minyaknya naik ke atas dan konsistensinya mengental, yang berarti alas bedak ini sudah tidak bisa lagi membaur rata di wajah.

Alas bedak bubuk dapat disimpan selama dua tahun. Bakteri tidak akan tumbuh di tempat di mana tidak ada air.

Namun, jika terus disimpan, alas bedak bubuk akan hancur dan menjadi sulit untuk membaur rata di wajah.

 

Blush/Bronzer/Bedak Wajah
Nilai: Tidak terlalu berkuman

Pensiunkan produk-produk ini setelah dua tahun. Produk bubuk biasanya tidak mengandung air, sehingga tidak akan ada bakteri yang tumbuh di sana. Ahli kimia kosmetik Ni'Kita Wilson menyarankan kita untuk memilih produk dengan ekstrak botani seperti lidah buaya, ekstrak teh hijau, dan chamomile.

Wilson menjelaskan, bahwa minyak akan melekat pada bulu sikat make-up dan berpindah ke produk kosmetik cair atau krim ketika mereka bersentuhan. Hal ini dapat menyebabkan munculnya lapisan film abu-abu kusam pada produk.

 

MASKARA
Nilai: Sangat berkuman

Tiga bulan dengan penggunaan sehari-hari dan enam bulan jika hanya digunakan sesekali adalah batas waktu pemakaian maskara. Tabung yang gelap dan bentuknya yang cair adalah rumah yang sempurna bagi tumbuhnya bakteri.

Penelitian oleh dua universitas di Brazil menemukan, bahwa 79% dari sampel maskara yang dimiliki oleh wanita terkontaminasi dengan bakteri Staph.


Eyeliner
Nilai: Cukup berkuman!

Gunakan produk ini hanya selama empat bulan jika Anda tidak ingin terjadi iritasi pada mata. Eyeliner cair rawan bakteri sama dengan maskara.

Untuk eyeliner pensil, jika sudah muncul lapisan putih pada produk eyeliner yang membuatnya tidak mudah diaplikasikan ke garis mata Anda, sebaiknya Anda segera mengeliminasinya segera.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com