Kompas.com - 03/08/2016, 15:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat wajib dilakukan orang yang pernah mengalami serangan jantung. Salah satu suplemen yang bisa mempercepat pemulihan adalah minyak ikan.

Penelitian menyimpulkan, konsumsi suplemen minyak ikan dalam dosis tinggi selama 6 bulan pasca serangan jantung bisa meningkatkan fungsi jantung dan mengurangi parut jantung.

Demikian menurut kesimpulan studi yang dilakukan oleh Dr.Raymond Kwong terhadap 360 penyintas serangan jantung. Separuh dari responden itu diberi 4 gram asam lemak omega-3 setiap hari selama 6 bulan, sementara sisanya diberi pil plasebo.

Pada pasien yang memiliki kadar trigliserida tinggi, biasanya dokter akan meresepkan suplemen minyak ikan 1-2 gram sehari.

Dari hasil pemeriksaan MRI jantung ditemukan ada peningkatan fungsi jantung 6 persen dan luka parut.

Walau begitu, menurut Dr.Gregg Fonarow, profesor kardiologi dari Universitas California, Los Angeles, penelitian sebelumnya mengenai manfaat minyak ikan belum memberi hasil yang kuat.

"Masih diperdebatkan tentang manfaat asam lemak omega-3 pada pasien serangan jantung," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber WEBMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.