Kompas.com - 02/09/2016, 10:45 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Walau selalu tertutup baju, tetapi jerawat di punggung juga bisa mengganggu kenyamanan. Apalagi, jerawat di punggung biasanya lebih banyak dari bagian wajah.

Jerawat pada dasarnya muncul di area kulit yang banyak mengandung minyak sehingga menyebabkan sumbatan pada pori-pori kulit.

"Bagian yang banyak terdapat kelenjar minyak itu antara lain di bagian T wajah, yaitu dahi dan hidung, namun juga bisa muncul di area punggung dan dada," kata dr.Suksmagita Pratidina, Sp.KK, atau akrab disapa Gita ini.

Jerawat di bagian punggung biasanya berukuran lebih besar karena kelenjar minyaknya lebih padat. Selain itu, daerah badan juga memiliki area lebih luas dan sering berkeringat.

"Ditambah lagi dengan tertutup baju dan tergesek-gesek. Reaksi radang jadi lebih parah di bagian punggung," ujar Gita.

Pengobatan jerawat di punggung dan wajah pada dasarnya sama. "Tergantung pada keparahannya. Tapi secara umum kalau derajatnya berat harus diberi antibiotik untuk mengurangi bakteri," kata dokter dari RS Pondok Indah Jakarta ini.

Selain itu, dosis obat, baik salep atau oral, juga lebih banyak dibanding di bagian wajah karena luasnya area jerawat.

"Obat jerawat di bagian punggung atau dada juga baisanya dalam bentuk cairan seperti bedak kocok. Kalau wajah cocoknya dalam bentuk gel atau krim," paparnya.

Untuk perawatan kulit di area punggung dan wajah pada dasarnya sama, yaitu mengurangi produksi minyak dan menjaga kebersihan agar jerawat tidak terbentuk.

Usahakan untuk menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat dan mandi secara teratur untuk menghilangkan debu dan kotoran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.