Kompas.com - 27/10/2016, 20:45 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Badan PBB untuk anak-anak (UNICEF), 19 Oktober lalu mencapai kesepakatan dengan enam perusahaan pemasok vaksin. Bersama-sama, mereka akan menyediakan kombinasi vaksin anak-anak untuk lima penyakit paling mematikan, dengan harga hanya separuh dari harga yang berlaku saat ini.

Mereka juga berkomitmen akan mengirimkan 450 juta dosis vaksin ke 80 negara di seluruh dunia antara 2017-2020. Diharapkan, dengan kesepakatan ini, sekitar 5.7 juta kematian dalam setahun bisa dihindari.

"Kami akan mendapatkan pentavalen vaksin untuk melindungi anak-anak dengan harga kurang dari satu dolar Amerika perdosis," kata Shanelle Hall, Direktur Divisi Pasokan dan Pengadaan UNICEF.

Kombinasi vaksin yang akan disediakan oleh UNICEF, akan melindungi anak-anak dari lima jenis infeksi paling mematikan hanya dengan satu kali suntikan.

Lima jenis kuman yang akan diperangi oleh vaksin ini adalah difteri, tetanus, pertusis, hepatitis B, dan Haemophilus influenza tipe B atau Hib. Hib adalah bakteri yang menyebabkan meningitis, pneumonia dan otitis.

Enam pemasok yang bekerjasama dengan UNICEF adalah Biology E, Jenssen, LG Life Sciences, Panacea Biotec Ltd, Serum Institute of India, and Shantha Biotechs.

Kesepakatan di atas terjalin setelah waktu pendekatan dan pembicaraan selama 16 tahun. Harga vaksin yang baru ini akan menghemat pengeluaran UNICEF, pemerintah berbagai negara dan para donor hingga setengah dari harga sebelumnya.

Butuh waktu untuk memperluas basis pemasok vaksin yang baru ini hingga tercapai pemerataan yang diharapkan, kata badan aliansi vaksin internasional, GAVI. GAVI dan Gates Foundation turut bergabung UNICEF mengamankan kontrak multi-tahun dengan pemasok.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Fox News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.