Kompas.com - 28/10/2016, 16:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

WONOGIRI, KOMPAS.com - Tumbuhan pasak bumi cukup dikenal sebagai obat kuat alami untuk pria. Hal ini karena pasak bumi mengandung ethanolic yang dapat meningkatkan hormon testoteron pria.

Homeopath dan Praktisi Kesehatan Natural, Tjok Gde Kerthyasa, BHSc (Hom.), ADHom mengungkapkan, pasak bumi memang telah terbukti meningkatkan testoteron sehingga bermanfaat untuk stamina pria dan meningkatkan libido.

Namun, tumbuhan yang berasal dari Kalimantan ini sebenarnya tak hanya berfungsi untuk meningkatkan vitalitas pria. "Kalau herbal masih asli, alami, manfaatnya banyak sekali," kata Tjok Gde.

Tjok Gde menuturkan, pasak bumi yang bernama latin eurycoma longifolia itu juga bersifat adaptogenic atau bisa melindungi tubuh dari efek stres.

Selain itu, lanjut Tjok Gde, beberapa masyarakat di Kalimantan juga kerap mengatasi demam dan malaria dengan konsumsi pasak bumi.

"Di Dayak mereka pakai untuk malaria dan sangat efektif," ujar Tjok Gde.

Pasak bumi tumbuh liar di hutan Kalimantan. Saat berkunjung ke Kalimantan, Tjok Gde harus berjalan menelusuri hutan sekitar 1-2 jam untuk menemukan tumbuhan pasak bumi itu.

Pasak bumi pun tak mudah untuk dicabut karena akarnya tercancap kuat di dalam tanah. Padahal, batang tumbuhan ini tak terlalu besar.

Pasak bumi pun telah lama digunakan produsen obat herbal sebagai bahan alami obat untuk meningkatkan vitalitas pria. Dibanding obat-obatan berbahan kimia, pasak bumi dinilai lebih baik untuk meningkatkan stamina pria karena berbahan alami.

Namun, tumbuhan pasak bumi terancam sulit ditemui karena mulai banyak penebangan pohon di hutan untuk dijadikan lahan kelapa sawit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.