Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/11/2016, 14:00 WIB

KOMPAS.com — Berada jauh dari rumah dan rutinitas harian yang berbeda membuat kesehatan gigi dan mulut menjadi prioritas kesekian kita saat sedang traveling atau dalam perjalanan dinas.

Kesehatan gigi dan mulut seharusnya tidak boleh diabaikan. Walau sedang berlibur, menjaga kesehatan gigi dan mulut tak mengenal kata libur.

Berikut adalah kiat-kiat untuk menjaga kesehatan gigi saat sedang dalam perjalanan jauh.

- Kemas dengan baik
Bukan cuma pakaian atau kosmetik yang harus dikemas dengan rapi, peralatan sikat gigi juga harus masuk dalam benda wajib yang tak boleh ketinggalan.

Produk perawatan gigi Formula saat ini menghadirkan produk Formula Flip Go yang didesain khusus untuk traveler yang mengutamakan kemudahan dan kepraktisan, serta higienitas saat melancong. Ukuran kemasannya yang mungil membuat perlengkapan sikat gigi ini bisa masuk dalam tas tangan.

- Keringkan sikat gigi
Sikat gigi yang dibiarkan basah terlalu lama bisa menjadi tempat pertumbuhan kuman. Karena itu, selalu pastikan sikat gigi dikeringkan setelah digunakan. Jika Anda bepergian dengan mobil, simpan sikat gigi di tempat yang terkena angin dan udara. Segera keluarkan sikat gigi dari tempatnya setelah sampai di lokasi tujuan atau sesampai di rumah.

- Bawa cadangan
Tergantung pada destinasi tujuan, sebaiknya bawalah sikat gigi cadangan sehingga Anda tak sulit mencarinya jika sikat gigi itu hilang atau tertinggal. Sikat gigi adalah benda wajib karena meski tanpa pasta gigi, kita tetap bisa menghilangkan plak dari gigi dengan menggunakan sikat gigi dan air secara benar.

- Permen karet
Tak selalu bisa menyikat gigi setelah makan? Atasi dengan mengantongi permen karet tanpa gula. Mengunyah permen karet dapat merangsang pengeluaran saliva yang dapat membantu membersihkan gigi dan mulut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com