Kompas.com - 26/01/2017, 15:48 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Riset baru menemukan bahwa kucing kesayangan mungkin bertanggung jawab akan derita "penyakit bulanan" seorang wanita. Kuman yang ditemukan dalam kotoran kucing berhubungan dengan sindroma pra menstruasi dan yang lebih parah lagi, pre-menstrual dysphoric disorder (PMDD).

Studi tersebut diterbitkan di Journal of Clinical Medicine Research dan meneliti 151 wanita yang melaporkan sindroma pra menstruasi berat atau PMDD. Peneliti menguji mereka untuk mencari Toxoplasma gondii (T.gondii), parasit yang hidup dalam kotoran kucing.

Sebanyak 10 wanita terbukti positif memiliki kuman tersebut. Sepuluh wanita tersebut kemudian menilai sindroma pra haid yang dibandingkan wanita tanpa toksoplasmosis.

Hasilnya, terbukti hubungan jelas antara memiliki parasit itu dengan sindroma pra haid parah, khususnya perasaan tak terkontrol atau kewalahan.

Mengenai kuman T. gondii, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui. Pertama, kuman ini sangat lazim. Sebagian besar orang tidak menunjukkan gejala kendati tubuhnya terkena kuman tersebut, umumnya mereka merasa mengalami kasus flu ringan.

Dalam kejadian langka, kuman tersebut menyebabkan infeksi parah dan merusak otak, mata dan organ-organ lain. Kuman itu sangat berbahaya bagi wanita hamil karena dapat menginfeksi janin.

Kuman T. gondii terdengar bahaya tetapi efeknya terhadap sebagian besar manusia masih diperdebatkan. Efeknya mungkin ringan dan berangsur-angsur dengan riset-riset sebelumnya menghubungkannya dengan penyakit mental seperti skizofrenia, depresi, kelainan bipolar. Tetapi masih sulit dikatakan hal itu merupakan hubungan sebab dan akibat atau hanya berkorelasi.

Lebih banyak riset lagi dibutuhkan untuk menemukan kaitannya dengan sindroma pra haid. Kendati demikian, ada hal yang dapat dilakukan wanita untuk melindungi diri sendiri. Parasit itu dapat menular ketika kita membersihkan kotak tempat buang air si kucing.

CDC merekomendasikan menaruh kotak itu jauh dari ruang duduk atau ruang keluarga. Gunakan sarung tangan ketika membersihkannya dan hindari menyentuh kotoran ini ketika sedang hamil.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber SHAPE
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.