Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/03/2017, 12:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Melewatkan makan siang karena tidak lapar memang tak akan membuat Anda sakit. Namun, kebiasaan ini bisa mengacaukan program penurunan berat badan jangka panjang.

Banyak yang berpikir bahwa melewatkan waktu makan justru akan membuat Anda kehilangan berat badan dengan lebih cepat. Ahli gizi Lucy Beaumont tidak berpendapat demikian.

Tetap makan di waktu makan walau Anda tidak lapar, menurut Lucy akan membantu mempromosikan pengendalian nafsu makan yang baik.

Bila Anda sudah memiliki waktu makan yang teratur, maka Anda akan terhindar dari makan berlebihan akibat rasa lapar yang tak memiliki ritme.

“Saat Anda tidak membiasakan tubuh untuk memiliki jam makan, maka tubuh bisa merasa lapar kapan saja, Anda pun bisa makan atau ngemil kapan saja.”

Tetapi sesekali melewatkan waktu makan karena terlalu sibuk tidaklah masalah. Asalkan jangan jadikanini sebuah kebiasaan.

Jika Anda memiliki waktu untuk makan sesuai jam makan, namun tidak merasa lapar, makanlah sesuatu yang ringan dalam porsi kecil, seperti segenggam kacang panggang, salad sayur, atau semangkuk buah.

Lucy mengakui, tidak lapar pada waktu makan dapat menjadi salah satu indikasi dari tiga hal, entah Anda sudah makan terlalu banyak makan di waktu makan sebelumnya, metabolisme Anda lambat, atau bahwa Anda terlalu berlebihan saat ngemil.

"Jika Anda kerap kehilangan keinginan makan di jam makan, cobalah untuk memotong seperempat hingga setengah porsi makan, hentikan pula ngemil di antara waktu makan," kata Lucy.

Memiliki jam makan teratur akan mendukung metabolisme yang baik. Pada akhirnya, ini akan mendukung tubuh mencapai berat badan idealnya.

"Nafsu makan yang teratur juga akan mendukung kesehatan kadar gula darah, energi, manajemen berat badan, dan mengurangi risiko penyakit ," kata Lucy.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber The Sun
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+