Mengenal Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Penis Gatal

Kompas.com - 22/01/2020, 08:37 WIB
. Getty Images/iStockphoto.

KOMPAS.com - Rasa gatal pada pria bisa timbul di berbagai sisi tubuh, termasuk area kemaluan.

Rasa kurang nyaman itu bahkan bisa hinggap di bagian penis.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari RSUD Dr. Moewardi Surakarta, Dr. dr. Prasetyadi Mawardi, Sp.KK (K), FINSDV, FAADV, menerangkan gatal pada penis dan area di sekitarnya bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya:

  • Infeksi jamur
  • Kudis
  • Pakaian dalam yang terlalu ketat
  • Reaksi alergi
  • Gesekan pada kulit
  • Infeksi menular seksual

"Biasanya gatal pada penis terjadi karena jamur. Tapi bisa juga karena faktor lain," kata Pras saat diwawancara Kompas.com, Selasa (21/1/2020).

Baca juga: Mana Lebih Aman: Besarkan Penis Pakai Obat, Alat, Pijat atau Operasi?

Cara mengatasi gatal pada penis

Dokter yang akrab disapa Pras itu menjelaskan cara mengatasi gatal pada penis berbeda-beda, disesuaikan dengan faktor penyebabnya.

Apabila gatal pada kemaluan ini sudah terasa begitu mengganggu, dia menganjurkan para pria jangan ragu untuk segera berkonsultasi pada dokter.

Pemeriksaan fisik dan tes medis diperlukan untuk mengetahui penyebab dasar hingga pengobatan yang sesuai untuk mengatasi gatal pada penis.

Namun, apabila rasa gatal ini hanya timbul sesekali atau jarang, para pria bisa melakukan langkah penanganan secara mandiri.

Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo itu pun membagikan cara merawat higiene personal organ intim pria yang bisa dipraktikan untuk mengatasi masalah gatal pada penis, termasuk mencegah berbagai macam penyakit pada alat kelamin.

Baca juga: Beredar 7 Cara Membesarkan Penis, Bagaimana Efek Sampingnya?

Berikut caranya:

  1. Cuci ujung kemaluan dan kulit di sekitar pangkal penis, serta bagian skrotum. Kelenjar keringat dan kelenjar minyak (kelenjar sebum) banyak terakumulasi di daerah itu
  2. Cuci batang penis secara regular pada saat mandi. Bersihkan bagian ujung penis (lubang penis) dan glans penis
  3. Harus dijaga kebersihan penis, apalagi sehabis kencing dan melakukan aktivitas seksual
  4. Jika tidak dilakukan sirkumsisi atau sunat sehingga kulit penutup penis berlebih, tarik perlahan dan cuci. Hal itu dapat membantu mencegah penumpukan smegma yang dapat menyebabkan kondisi atau mudah terinfeksi jamur golongan kandida
  5. Bersihkan skrotum dan kulit di sekitarnya
  6. Bersihkan juga kulit perineum, daerah anus dan sekelilingnya

Pras menerangkan menjaga kebersihan organ intim pria juga bermanfaat untuk mengatasi masalah bau di area selangkangan.

"Selangkangan mungkin secara alami berbau seperti bau keringat, oleh karena keringat biasa muncul di daerah itu. Bau ini bisa dikurangi perawatan rutin di daerah penis dan sekitarnya," jelas Pras.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X