Kompas.com - Diperbarui 26/10/2022, 16:33 WIB

KOMPAS.com - Ginjal merupakan salah satu organ vital bagi tubuh yang perlu dijaga kesehatannya agar tetap dapat berfungsi optimal.

Sayangnya, ada beberapa kondisi yang membuat ginjal tidak lagi berfungsi sebagai mana mestinya atau disebut gagal ginjal.

Gagal ginjal merupakan kondisi kelainan pada organ ginjal yang telah mencapai stadium akhir.

Baca juga: Mencegah Gagal Ginjal Akut

Padahal, ginjal berfungsi untuk menyaring zat-zat buangan (limbah) dalam tubuh, baik yang berasal dari makanan, obat-obatan, maupun zat beracun.

Organ vital ini juga dapat menyerap kembali zat-zat yang dibutuhkan tubuh, seperti asam amino, gula, natrium, kalium, dan nutrisi lainnya.

Saat fungsi ginjal yang berkurang sebanyak 10 sampai 15 persen saja telah menandakan seseorang mengalami penyakit gagal ginjal.

Alhasil, penderita membutuhkan cuci darah (dialisis) atau bahkan transplantasi ginjal supaya ginjalnya bisa tetap bekerja secara optimal.

Penyebab gagal ginjal

Lantas, apa sajakah yang menyebabkan gagal ginjal?

Menurut Mayo Clinic, gagal ginjal suatu penyakit atau kondisi merusak fungsi ginjal sehingga menyebabkan kerusakan ginjal memburuk selama beberapa bulan atau tahun.

Baca juga: Stadium dan Pengobatan Gagal Ginjal

Penyakit dan kondisi yang dapat menyebabkan gagal ginjal antara lain:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.