Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aktivitas Pengusir Bosan saat Anak Libur Sekolah

Kompas.com - 17/03/2020, 14:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Jumlah pasien positif Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Masyarakat juga diminta melakukan karantina mandiri dan bekerja dari rumah demi meminimalisir penyebaran virus.

Bahkan, sebagian besar siswa sekolah pun diliburkan selama dua pekan agar anak-anak juga terhindar dari virus Corona jenis baru ini.

Selama libur sekolah, anak-anak juga diminta untuk tetap berada di rumah, tidak bermain di luar bahkan melakukan play date bersama teman-temannya.

Meski bukan termasuk kelompok yang rentan terinfeksi virus Corona, anak-anak tetap bisa terpapar dan menyebarkan virus tersebut ke orang lain.

Baca juga: Orangtua, Ini Alasan Anak Sebaiknya di Rumah Saja saat Wabah Corona

"Anak-anak bisa menjadi oenyebar virus di lingkungannya karena sata berinteraksi atau bermain dengan teman-temannya, mereka banyak menyentuh benda-benda yang menjadi sarang bakteri dan virus," ucap chaffner, pakar pencegahan penyakit di Fakultas Kedokteran Vanderbilt University School of Medicine, Tennessee, dilansir dari CNN.

Berada di rumah tanpa berinteraksi dengan teman-temannya memang bisa jadi hal yang membosankan dan membuat frustasi bagi anak-anak.

Namun, orangtua tak perlu khawatir. Ada banyak aktivitas atau permainan menarik yang bisa dilakukan di rumah bersama anak untuk mengusir rasa bosan.

Aktivitas tersebut juga bisa menjadi media belajar bagi anak selama berada di rumah. Berikut 5 aktivitas menarik dan mendidik untuk mengusir rasa bosan anak selama berada di rumah:

1. Memasak

Memasak bisa membantu anak-anak untuk belajar dan mempraktikan beberapa konsep matematika dasar dan membangun keterampilan bahasa.

Pengalaman memasak juga bisa membangun kepercayaan diri anak dan menciptakan kebiasaan makan yang sehat.

Melansir laman Kids Health, memasak juha juga isa mengembangkan keterampilan mendengarkan pada anak-anak dan melatih kepekaan indera perasa mereka.

Orangtua bisa mengajak anak-anak untuk memasak makanan sederhana seperti salad, pizza atau pancake.

2. Berkebun

Tanpa memerlukan halaman rumah yang luas, kita bisa mengajak anak-anak memanfaatkan sudut-sudut rumah yang memiliki banyak paparan sinar matahari untuk bertaman.

Kita bisa mengajak anak untuk menanam tanaman hias atau sayur seperti jahe, cabai atau wortel yang bisa di tanam di dalam ruangan. Sebagai media tanam, kita juga bisa memanfaatkan pot atau kaleng bekas.

Melansir laman Better Health, bercocok tanam bisa membantu meningkatkan rasa tanggung jawab, mengasah kreativitas dan daya nalar sang anak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com