Kompas.com - 21/03/2020, 13:31 WIB
Seorang tenaga medis memakai sarung tangan lateks MicolasSeorang tenaga medis memakai sarung tangan lateks

KOMPAS.com - Tak hanya handsanitizer dan masker, sarung tangan karet atau lateks juga menjadi barang langka di tengah situasi pandemi virus corona seperti saat ini.

Virus corona jenis baru memang bisa bertahan dalam waktu lama di permukaan benda yang biasa kita sentuh, seperti ganggang pintu, tas belanja, tombol lift dan sejenisnya.

Namun, melindungi tangan dengan sarung tangan karet bukan cara efektif untuk melindungi diri dari infeksi virus asal Wuhan, Cina, tersebut.

Melansir laman Independent, Public Health England (PHE) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tidak merekomendasikan pemakaian sarung tangan lateks untuk melindungi diri dari infeksi virus.

Baca juga: 5 Cara Mengelola Stres di Tengah Pandemi Corona

Cara terbaik untuk menjaga diri dari penyakit menular adalah menjaga kebersihan diri dengan sebaik mungkin.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ahli virologi dari Imperial College Londin juga mengatakan, memakai sarung tangan bukan cara terbaik untuk menghindari infeksi. Cara terbaik untuk melindungi diri adalah mencuci tangan sesering mungkin.

Hal yang sama juga dingkukpan oleh ahli kesehatan dari Johns Hopkins Center for Health Security, Amesh Adalja. Menurutnya, pemakaian sarung tangan hanya memberi rasa aman yang palsu.

Hal itu justru hanya membuang waktu dan menciptakan lebih banyak permintaan untuk hal-hal yang tidak perlu.

Pemakaian sarung tangan lateks atau karet sebaiknya hanya dipakai oleh tenaga medis karena manfaatnya tidak efektif dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: 3 Cara Hentikan Kebiasaan Sentuh Wajah Agar Tak Mudah Terinfeksi Virus

"Sarunt tangan lateks mudah robeh dan tidak dirancang untuk aktivitas sehari-hari," ucap Adalja, dilansir dari Today.com.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X