7 Jenis Makanan Sehari-hari yang Perlu Diganti demi Kesehatan

Kompas.com - 04/05/2020, 18:01 WIB
Ilustrasi Nasi Putih AmaritaIlustrasi Nasi Putih

KOMPAS.com – Tanpa sadar, beberapa jenis makanan yang sering kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari ternyata kurang baik untuk kesehatan tubuh.

Hal itu merujuk pada kandungan nutrisi pada makanan-makanan tersebut yang dapat memicu datangnya beragam penyakit.

Maka dari itu, penting kiranya sebelum memilih makanan untuk diadopsi ke dalam menu harian, kita perlu memahami dulu beragam jenis makanan berserta kandungan nutrisinya.

Langkah itu dapat membantu kita merencanakan pola makan yang tidak hanya sehat, tapi juga menyenangkan dengan hasil memuaskan.

Baca juga: 6 Jenis Tanaman Herbal yang Baik untuk Jaga Imunitas Saat Puasa

Melansir Buku Smart Eating: 1.000 Jurus Makan Pintar & Hidup Bugar (2013) oleh Dr. Samuel Oetoro, Ms, SpGK, dkk., ada sejumlah makanan sehari-hari yang rupanya perlu dihindari demi kesehatan.

Berikut ini beberapa jenis makanan tersebut beserta saran makanan penggantinya:

1. Nasi putih

Banyak orang lebih suka menyantap nasi putih ketimbang nasi merah karena berbagai hal, termasuk dinilai lebih pulen dan “manis”.

Tetapi, pada kenyatannya, beras putih adalah beras yang bagian-bagian terpentingnya sudah terbuang, sebaik apa pun kualitasnya.

Nasi putih akhirnya dianggap termasuk bahan makanan yang mendekati kategori karbohidrat simpleks, yaitu mempunyai indeks glisemik yang tinggi karena serat-serat kelopaknya sudah hilang.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X